Ada Gambar Mahluk Hidup di Rumah, Bolehkah?

Selasa , 07 Dec 2021, 16:22 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tedjomukti/ Redaktur : Agung Sasongko
 Rumah (Ilustrasi)
Rumah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Cendekiawan asal Kanada, Syekh Ahmad Kutty mengatakan malaikat yang masuk atau tidak masuk ke dalam rumah termasuk hal gaib. 

 

Terkait

Menurutnya, hadits yang berbicara tentang gambar dan gambar harus dipahami dalam konteks khusus. Hadits tersebut berkaitan dengan lingkungan yang penuh dengan politeisme dan penyembahan berhala.

Baca Juga

"Jadi, Nabi memperingatkan terhadap gambar dan lukisan karena mereka terkait dengan keyakinan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Islam berusaha mengembalikan tauhid yang murni,"kata Kutty seperti dilansir Aboutislam.net, Selasa (7/12)

Dalam semangat ini, Nabi pada awalnya melarang mengunjungi kuburan. Namun, ia kemudian mengizinkannya setelah kepercayaan pada tauhid menjadi berakar, dan orang-orang menjauh dari kemusyrikan.

Gambar atau patung tanpa asosiasi politeistik seperti itu tidak sepenuhnya dilarang. Kalau tidak, bagaimana Allah mengizinkan Nabi Sulaiman (saw) mempekerjakan pekerja untuk membuat patung.

Oleh karena itu, sebagian ulama berpandangan bahwa tidak ada salahnya melukis selama tidak menimbulkan rasa hormat terhadapnya yang dan mengarah ke syirik. "Menggantung foto keluarga atau foto teman seseorang tidak dapat memiliki asosiasi seperti itu,"kata dia.