South Portland Cetak Sejarah Pilih Wali Kota Muslim Pertama

Rabu , 08 Dec 2021, 14:55 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Kota South Portland di negara bagian Maine, Amerika Serikat (AS), untuk pertama kalinya dalam sejarah memilih wali kota yang merupakan seorang Muslim.
Kota South Portland di negara bagian Maine, Amerika Serikat (AS), untuk pertama kalinya dalam sejarah memilih wali kota yang merupakan seorang Muslim.

IHRAM.CO.ID, SOUTH PORTLAND -- Kota South Portland di negara bagian Maine, Amerika Serikat (AS), untuk pertama kalinya dalam sejarah memilih wali kota yang merupakan seorang Muslim. Deqa Dhalac mencetak sejarah untuk kedua kalinya setelah terpilih sebagai walikota di kota terbesar keempat di Maine. The Portland Press Herald melaporkan, ia terpilih sebagai walikota tiga tahun setelah terpilih menjadi dewan kota.

 

Terkait

"Sangat indah. Itu membuat saya meneteskan air mata," kata Dhalac, dilansir di laman About Islam, Rabu (8/12).

Baca Juga

Dhalac merupakan seorang Somalia yang meninggalkan negaranya 31 tahun lalu. Ia secara resmi duduk sebagai pemimpin terpilih terkemuka di kota South Portland pada Senin (6/12), setelah sebelumnya menjabat sebagai anggota dewan kota Distrik 5 selama tiga tahun.

Berita tersebut lantas disambut gembira oleh komunitas Muslim Maine. Mereka menyebutnya sebagai tanda meningkatnya keterlibatan sipil dari komunitas Muslim Amerika.

Kepala sekolah Deering High School di Portland yang juga seorang pemimpin komunitas Somalia Maine, Abdullahi Ahmed, menyampaikan doa pembukaan pada acara peresmian dewan tersebut.

"Anda di sini untuk membangun pekerjaan yang tengah berlangsung. Kami sangat bangga padamu, Deqa," kata Ahmed.

Direktur eksekutif Greater Portland Immigrant Welcome Center, Reza Jalali, termasuk di antara banyak pemimpin komunitas Imigran Maine yang menghadiri acara peresmian di South Portland High School tersebut.

"Kami semua anggota baru memiliki kebanggaan pribadi dalam hal ini," kata Jalali.

Dewan Hubungan Amerika-Islam(CAIR), organisasi advokasi dan hak-hak sipil Muslim terbesar di negara itu, memuji pemilihan Dhalac sebagai walikota yang menurutnya sebagai tanda meningkatnya keterlibatan sipil komunitas Muslim Amerika.

"Kami berharap Walikota Dhalac akan membantu menginspirasi generasi baru Muslim Amerika saat mereka mengambil peran yang meningkat dalam membangun masyarakat yang lebih baik," kata Dhalac

Muslim AS merayakan kemenangan bersejarah dalam pemilihan November 2021. Di Michigan, tiga walikota Muslim telah dipilih di samping dewan kota yang semuanya Muslim di Hamtramck

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini