Aksi Lingkungan Masjid Bristol Inggris Raih Penghargaan Nasional

Kamis , 09 Dec 2021, 05:05 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid Bristol
Masjid Bristol

IHRAM.CO.ID, BRISTOL -- Upaya akar rumput dari komunitas yang berupaya untuk mengatasi perubahan iklim di sebuah kota di Inggris telah mendapatkan pengakuan nasional. Masjid Easton Jamia di kota Bristol, Inggris, menerima penghargaan 'Best Green Initiative' berkat aksi lingkungan yang dilakukannya.

 

Terkait

Penghargaan itu diberikan di acara British Beacon Mosque Awards yang keempat, sebuah acara yang berupaya menampilkan karya positif di kota-kota di Inggris. Pemimpin masjid yang berlokasi di St Mark's Road itu bekerja sama dengan warga dan lembaga Eastside Community Trust untuk memfasilitasi solusi akar rumput terhadap krisis iklim dan menyoroti perlunya individu untuk mengambil tindakan positif.

Sebagai bagian dari pekerjaan ini, Masjid Easton Jamia merilis 'Panduan Seorang Muslim untuk Perubahan Iklim' dalam rangka menyoroti hubungan antara Islam dan tanggung jawab untuk melindungi lingkungan.

Usai menerima penghargaan tersebut pada Sabtu (4/12) lalu, kepala Masjid Easton Jamia, Abdul Malik, mengatakan bahwa dia dan komunitas masjid merasa terharu dan terhormat untuk menerima pengakuan nasional tersebut.

"Perubahan iklim adalah sesuatu yang mempengaruhi kita semua dan membutuhkan perhatian dan kepedulian kita," kata Malik kepada Bristol24/7, dilansir Rabu (8/12).

Ia mengatakan, bahwa masjid ini merasa bahwa tanggung jawab ada pada mereka untuk menyebarkan pesan Islam yang sebenarnya. Hal itu yakni untuk mengajarkan tentang keberlanjutan, produktivitas, dan persatuan dalam menangani masalah-masalah seperti yang dihadapi generasi mendatang.

"Kami merasa terhormat bahwa kami memenangkan penghargaan ini pada Sabtu malam karena kami berada di antara proyek-proyek bernilai jutaan pound di banyak kota yang memiliki populasi Muslim jauh lebih besar daripada Bristol. Kemenangan menunjukkan bagaimana Muslim Bristol berada di garis depan dari inovasi dan kreativitas dalam hal masalah yang dihadapi bangsa dan kemanusiaan kita secara keseluruhan," lanjut Malik.

"Kami berterima kasih kepada semua orang yang menominasikan kami dan yang telah memilih dan mendorong kami untuk membuat perbedaan dalam komunitas kami yang benar-benar beragam dan menginspirasi," tambahnya.

Masjid Easton Jamia dinominasikan untuk penghargaan oleh anggota komunitas Easton. Seorang juru bicara The British Beacon Mosque Awards mengatakan, dengan bekerja sama dengan penduduk setempat, mereka berharap bahwa memperbaiki lingkungan tidak hanya akan meningkatkan prospek alam mereka, tetapi juga kesejahteraan dan keberlanjutan komunitas mereka secara keseluruhan.

"Masjid Easton Jamia bekerja dengan banyak mitra lokal dalam berbagai proyek dan juga merupakan salah satu mitra masyarakat yang memimpin proyek Dana Aksi Iklim Bristol yang sukses," kata jubir acara tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini