Deqa Dhalaq, Orang Somalia Pertama yang Pimpin South Portland

Kamis , 09 Dec 2021, 03:33 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Wali Kota South Portland, Deqa Dhalac.
Wali Kota South Portland, Deqa Dhalac.

Kemudian dewan kota memilih dari antara anggotanya siapa yang akan menjadi walikota. Dan pada November 2021, rekan-rekannya dengan suara bulat mendukung pencalonannya. Dan pada hari Senin, mereka memilih untuk menjadikannya resmi. Dia akan menjalani masa jabatan satu tahun.

 

Terkait

South Portland adalah rumah bagi sekitar 25 ribu orang, menjadikannya kota terbesar keempat di Maine. Ini bertetangga dengan kota besar Portland dan juga merupakan rumah bagi mal terbesar di negara bagian dan setengah dari Portland International Jetport.

Prioritas utama Dhalac untuk kota ini termasuk meningkatkan respon perubahan iklim, meningkatkan ketersediaan perumahan yang terjangkau dan mempromosikan keragaman, kesetaraan dan inklusi. 

Menjadi anggota Dewan Kota Portland Selatan bukanlah pekerjaan penuh waktu. Dhalac memiliki latar belakang pekerjaan sosial, dan pada siang hari dia adalah spesialis keterlibatan keluarga dan respons budaya untuk Departemen Pendidikan Maine. Dia juga melayani di banyak dewan dan merupakan ibu dari tiga anak dewasa.

Namun, tidak peduli berapa banyak lagi yang dia miliki, Dhalac selalu ingin rakyatnya merasa nyaman datang kepadanya dengan pertanyaan. Dan mereka melakukannya, kata Dhalac. "Mengapa pembangunannya memakan waktu terlalu lama? Mengapa orang ini memiliki ayam jantan di sebelah? Sebut saja," kata Dhalac.

Pada Senin kemarin, begitu banyak orang ingin menghadiri peresmian Dhalac sehingga penyelenggara harus memindahkannya ke auditorium yang lebih besar. Dhalac mengatakan dia berterima kasih kepada anggota komunitas yang bisa melihatnya sebagai orang asing, tetapi malah menyambutnya.