Kamis 09 Dec 2021 02:00 WIB

Mentan Malaysia Pastikan Kehalalan Ayam Impor

Mentan Pastikan Kehalalan Ayam Impor

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Mentan Malaysia Pastikan Kehalalan Ayam Impor. Foto: Ilustrasi Makanan Halal
Foto: MGROL100
Mentan Malaysia Pastikan Kehalalan Ayam Impor. Foto: Ilustrasi Makanan Halal

IHRAM.CO.ID, KUALA LUMPUR—Menteri Pertanian dan Industri Makanan Datuk Seri Dr Ronald Kiandee mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kehalalan ayam impor, karena pemerintah hanya akan menerima pasokan dari produsen yang diakui oleh Kementerian Kesehatan dan dua otoritas lain yang bertugas memantau kehalalan bahan pangan, yaitu Departemen Layanan Hewan dan Departemen Pengembangan Islam Malaysia.  

"Instansi sedang memantau masalah ini dan akan menerbitkan sertifikat kepada produsen dari luar negeri. Impor ayam hanya diperbolehkan dari pabrik pengolahan yang diakui dan memiliki sertifikat halal,” katanya dalam konferensi pers yang dikutip di Bernama, Rabu (8/12).

Baca Juga

Ronald mengatakan, keputusan untuk mengimpor ayam diambil untuk mengatasi masalah kekurangan pasokan yang terjadi selama beberapa bulan terakhir. Namun, inisiatif tersebut hanya akan berlangsung sementara untuk memastikan pasokan ayam di pasar mencukupi.

Pemerintah Malaysia telah mengizinkan perusahaan untuk mengimpor ayam utuh beku sejak bulan ini hingga Februari tahun depan, termasuk impor hingga 10.000 metrik ton atau 5,5 juta ayam per bulan untuk menutupi kekurangan pasokan ayam.

 

Sumber:

https://www.bernama.com/en/general/news.php?id=2031073

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement