Cara Muslim Kanada Buat Masjid Ramah Lingkungan

Jumat , 10 Dec 2021, 02:20 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Penampakan masjid Al Rashid Kanada.
Penampakan masjid Al Rashid Kanada.

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Seorang wanita Muslim Kanada dari Calgary, Nazish Qureshi membuat komite lingkungan baru di masjid setempat. Ia mengundang masyarakat sekitar untuk berbagi saran, membuat masjid mereka ramah lingkungan.

 

Terkait

“Pengawasan dan pelestarian lingkungan adalah yang terpenting dari keyakinan kami,” kata Nazish Qureshi, anggota Calgary Islamic Center, dilansir dari About Islam, Kamis (9/12).

"Ini bukan hal baru. Agama kita mengajarkan ini dan semua ini dipraktekkan dalam kehidupan Nabi (Muhammad) saw," sambungnya.

Qureshi memulai kerja komitenya pada Maret lalu, mengadakan acara untuk memberikan pendidikan tentang pengelolaan lingkungan berdasarkan prinsip-prinsip Islam.  

Panitia mengadakan acara pada September untuk mendistribusikan botol air yang dapat digunakan kembali untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Pembersihan komunitas juga diadakan selama akhir pekan panjang Thanksgiving pada Oktober.

“Saat kami melakukan pembersihan, kami juga meningkatkan kesadaran tentang mengapa kami melakukan ini,” katanya.

"Misi utama kami adalah untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di komunitas kami, dan melakukan berbagai inisiatif yang mempromosikan konservasi lingkungan," terangnya.

Anggota masyarakat yang menghadiri masjid senang dengan upaya tersebut. Qureshi berharap dapat terus berinteraksi dan terlibat dengan komunitas dan dapat memenuhi lebih banyak kebutuhan mereka.

Dari perspektif Islam, aktivisme lingkungan didasarkan pada penghormatan terhadap hubungan antara diri sendiri, Allah, dan ciptaan Allah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini