Jumat 10 Dec 2021 03:05 WIB

Masjid Bergaya Istana Andalusia Resmi Dibuka

Masjid Madinat Badr terinspirasi arsitektur istana dan benteng Alhambra di Granada

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Esthi Maharani
Masjid di Dubai
Foto: Gulf News
Masjid di Dubai

IHRAM.CO.ID, DUBAI --  Sebuah masjid baru di Dubai, Uni Emirat Arab yakni Masjid Madinat Badr telah resmi dibuka pada Kamis (9/12). Masjid yang dapat menampung 1.600 jamaah ini memiliki desain yang terinspirasi dari arsitektur istana dan benteng Alhambra di Granada, Andalusia, Spanyol.

Selain memiliki taman yang luas, masjid ini juga memiliki struktur bangunan yang unik, seperti atap miring dengan ubin terakota, juga tapal kuda atau lengkungan ‘Moor’ dan halaman bertiang. Interiornya menonjolkan motif geometris yang dipercantik dengan ukiran kaligrafi Arab di bawah kubah yang juga bermotif tulisan arab. Aula utama masjid juga dilengkapi sistem suara yang canggih, diklaim serupa dengan yang digunakan di Masjidil Haram.

“Madinat Badr telah memantapkan dirinya sebagai salah satu pengembangan perumahan dan penggunaan campuran terbaik di Timur Tengah dalam tiga kategori untuk tahun 2021, dan karena tumbuh menjadi tambahan terbaru untuk lanskap perkotaan Dubai yang semarak, Dubai Islamic Bank sangat bangga mengumumkan pembukaan Masjid Madinat Badr, penyelesaian tonggak utama dalam proyek ini," kata Ketua Bank Islam Dubai Mohammed Ibrahim Al Shaibani yang dikutip di National News, Kamis (9/12).

“Masjid baru ini akan menjadi jantung dan jiwa umat Islam di masyarakat dan sekitarnya dan akan membantu warga untuk menunaikan kewajiban spiritual mereka serta menjadi tuan rumah perayaan keagamaan mereka sepanjang tahun, terutama selama Ramadhan dan dua hari raya Islam,” sambungnya.

 

Selain Ibrahim Al Shaibani, acara peresmian ini dihadiri juga oleh Hamad Al Sheikh Ahmed Al Shaibani, direktur jenderal Departemen Urusan Islam dan Kegiatan Amal di Dubai, bersama dengan pejabat senior. Masjid-masjid UEA diketahui memiliki keragaman yang kaya. Kubah yang indah, eksterior yang indah dan prasasti kaligrafi adalah bukti kerja keras dan keanggunan arsitektur dari mana mereka dirancang dan dibangun.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement