Senin 13 Dec 2021 19:19 WIB

Zaitun, Tumbuhan yang Disebut Alquran

Zaitun telah disebutkan tujuh kali dalam Alqur'an.

Rep: Santi Sopia/ Red: Agung Sasongko
Minyak Zaitun: Minyak Hijau Arab Saudi
Foto: Arab News
Minyak Zaitun: Minyak Hijau Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Zaitun telah disebutkan tujuh kali dalam Alqur'an dan manfaat kesehatannya juga dikemukakan dalam pengobatan Nabi. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Ambil minyak zaitun dan pijat dengannya. Itu adalah pohon yang diberkati”. (Darimi, 69:103).

“Demi buah ara dan zaitun, demi Gunung Sinai, demi kota keamanan ini. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. (Surat At-Tin 95: 1-4).

Baca Juga

 

Layaknya kurma, zaitun juga punya nilai tinggi dalam budaya kuno dan modern. Dalam budaya Mediterania, minyak telah berfungsi sebagai segalanya, termasuk obat-obatan selama beberapa ribu tahun (Zwingle, 1999).

Merpati yang memegang ranting zaitun di mulutnya telah menjadi simbol perdamaian universal. Dikatakan berasal dari kisah Nabi Nuh SAW, merpati muncul sebagai tanda bahwa banjir yang datang sebagai hukuman akan segera mereda.

Industri kosmetik, praktisi kesehatan alami, dan dunia kuliner juga sepakat tentang manfaat buah lezat ini, yang kaya akan rasa maupun kesehatan. Industri zaitun, yang menghasilkan 460 juta galon minyak zaitun pada tahun 2000-2001, dan telah berkembang pesat karena konsumen di seluruh dunia sadar akan manfaat dari buah yang menakjubkan ini.

Berikut fakta-fakta zaitun, dilansir dari About Islam, Selasa (7/12).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement