Selasa 14 Dec 2021 01:56 WIB

Balasan Bagi Orang Sombong yang Mendustakan Allah

Alquran menerangkan bahwa pintu-pintu langit akan tertutup orang yang sombong.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Reuters
Alquran

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Alquran menerangkan bahwa pintu-pintu langit akan tertutup bagi orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah sambil bersikap sombong. Tertutupnya pintu langit bagi mereka adalah kerugian dan musibah yang dahsyat. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-A'raf Ayat 40 dan tafsirnya.

اِنَّ الَّذِيْنَ كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَا وَاسْتَكْبَرُوْا عَنْهَا لَا تُفَتَّحُ لَهُمْ اَبْوَابُ السَّمَاۤءِ وَلَا يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ حَتّٰى يَلِجَ الْجَمَلُ فِيْ سَمِّ الْخِيَاطِ ۗ وَكَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُجْرِمِيْنَ

Baca Juga

Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, tidak akan dibukakan pintu-pintu langit bagi mereka, dan mereka tidak akan masuk surga, sebelum unta masuk ke dalam lubang jarum. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat. (QS Al-A'raf: 40)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan, yang dimaksud dengan mendustakan ayat-ayat Allah dalam ayat ini ialah mendustakan hal-hal yang terkait dengan ketauhidan, seperti yang berhubungan dengan adanya Allah dan keesaan-Nya, yang berhubungan dengan kenabian, hari Kiamat, hari kebangkitan dan lain-lainnya.

Mereka mendustakan, tidak mau menerima dan menolak ayat-ayat seperti ini dengan sombong dan congkak, maka mereka tidak akan dibukakan pintu langit.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement