Selasa 14 Dec 2021 08:14 WIB

Perempuan Mencari Jalan Menjadi Pemimpin

Ada banyak pemikiran tentang kebolehan dan ruang lingkup peran kepemimpinan perempuan

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Perempuan Muslimah
Foto: Pixabay
Ilustrasi Perempuan Muslimah

IHRAM.CO.ID, KAIRO — Kholoud al-Faqeeh diangkat menjadi hakim di sebuah pengadilan agama Islam di wilayah Palestina pada tahun 2009 lalu. Ia menjadi salah satu dari dua wanita pertama yang diangkat di Tepi Barat sebagai hakim pengadilan agama Islam.

Namun tidak lama setelah Al-Faqeeh diangkat menjadi hakim, seorang wanita masuk, menatapnya dan berbalik begitu saja. Sambil berjalan keluar, wanita itu bergumam bahwa dia tidak menginginkan hakimnya adalah seorang wanita untuk kasusnya.

Al-Faqeeh sedih, tetapi tidak terkejut. Orang-orang telah lama terbiasa melihat pria bersorban sebagai hakim. Tetapi penolakan ini tidak memadamkan semangatnya, ia melihat kehadirannya di pengadilan lebih penting untuk mengatur masalah status pribadi seseorang, mulai dari perceraian dan tunjangan hingga hak asuh dan warisan.

"Yang lebih memprovokasi adalah bahwa pengadilan agama ini menangani kasus-kasus perempuan,” kata al-Faqeeh. “Seluruh siklus hidup seorang wanita ada di hadapan pengadilan ini," tegasnya dilansir dari Religion News Service, Senin (13/12).

Apa yang dilakukan al-Faqeeh adalah untuk mengukir ruang mereka sendiri di bidang Islam serta dengan melakukan itu, membuka jalan bagi orang lain untuk mengikuti jejak keberhasilan mereka. Di seluruh dunia, wanita mengajar di sekolah dan universitas Islam, memimpin lingkaran studi Quran, berkhotbah dan memberikan bimbingan agama kepada umat beriman.

"Kalau soal pengetahuan, pemimpin yang merupakan cendekiawan agama, pembimbing spiritual, orang yang mengajarkan agama kepada orang-orang itu bisa dilakukan oleh perempuan atau laki-laki, dan secara historis selalu begitu,” kata Ingrid Mattson, Ketua Komunitas Windsor dalam Studi Islam di Huron University College di London, Ontario.

Ada beragam pandangan di berbagai daerah, budaya, dan mazhab pemikiran Islam tentang kebolehan dan ruang lingkup peran kepemimpinan perempuan dalam agama. Beberapa tradisi dan praktik Nabi Muhammad dilestarikan dan ditransmisikan oleh wanita terdekatnya, seperti istri-istrinya. Banyak wanita mengatakan bahwa itu memberikan landasan yang mereka coba bangun.

Mattson mengatakan bahwa orang selalu bertanya apakah seorang wanita bisa menjadi imam. Tetapi pembingkaian itu mencerminkan konteks Barat yang berfokus pada sholat berjamaah daripada apa yang dilakukan warisan Islam dalam hal memberikan kepemimpinan agama di seluruh masyarakat untuk memenuhi banyak kebutuhan yang berbeda.

Aziza Moufid (40) di Maroko adalah salah satu dari mereka yang telah mengambil jubah kepemimpinan dalam iman. Ia bertugas melayani sebagai salah satu "mourchidat," atau pemandu agama wanita negara itu.

Mourchidat dilatih di sebuah institut untuk siswa pria dan wanita yang didirikan oleh Raja Maroko Mohammed VI. Lulusan perempuan mengajar kelas agama dan menjawab pertanyaan perempuan di masjid atau selama pekerjaan penjangkauan di sekolah, rumah sakit dan penjara.

Moufid, yang ingat melihat para profesor universitas wanita yang mengajar studi Islamnya, telah bekerja sebagai pemandu sebagian besar melalui WhatsApp selama pandemi. Dia menggunakan platform untuk menjelaskan hadits-hadits nabi kepada anak-anak, untuk membantu wanita belajar menghafal dan membaca Alquran, dan untuk menasihati gadis remaja tentang berbagai topik mulai dari kesopanan, sholat, hingga menstruasi.

"Ada isu-isu sensitif yang mungkin tidak berani dibicarakan oleh sebagian dari mereka bahkan dengan ibu atau saudara perempuan mereka,” kata Moufid. “Tapi tidak ada rasa malu di antara kita. Saya memberi tahu mereka, 'Saya adalah saudara perempuan Anda. Aku temanmu. Saya ibumu," ungkapnya.

Direktur institut Mohammed VI Abdesselam Lazaar, yang adalah seorang pria, mengatakan layanan mourchidat sangat diminati para wanita di Maroko. Mereka sangat tertarik untuk menghafal Al-Qur'an dan belajar tentang agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement