Kamis 16 Dec 2021 05:21 WIB

Ultah ke-22, Human Initiative Gelar Kongres Kemanusiaan

Perlu forum agar setiap badan, lembaga, serta pegiat pembangunan kemanusiaan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Pemberian penghargaan oleh Human Initiative kepada delapan pegiat kemanusiaan dengan tajuk Humanity Awards 2021, di Hotel Millennium Sirih Jakarta, Rabu (15/12).
Foto:

Kebutuhan akan tenaga relawan dan gerakan kedemawanan di Indonesia disebut sangat dibutuhkan. Ini adalah momen yang bagus dalam upaya memperkuat gerakan kedermawanan nasional, agar menjadi bagian dari arus utama gerakan yang lain.

"Ini momen yang bagus, dalam upaya memperkuat gerakan kedermawanan nasional, utamanya dalam menangani berbagai macam bencana yang terjadi di Indonesia," ucap dia.

Dalam penanganan kebencanaan, ia menyebut ada lima elemen yang bergerak. Mereka adalah sektor pemerintah, sektor swasta filantropis, filantropi di dunia akademik, organisasi sosial kemasyarakatan dan keagamaan, serta peran media massa.

Muhadjir menekankan, kontribusi pemerintah dalam penanganan bencana hanya sekitar 20 persen. Sementara sisa 80 persennya diambil alih oleh empat sektor lainnya.

"Saya melihat sendiri andil para filantropi ini dalam erupsi gunung Semeru. Mereka dengan segala kerelaannya berkorban. Dalam waktu yang tidak lama, apa yang kurang bagi pengungsi sudah terpenuhi," lanjut dia.

Ia juga menyebut Indonesia meraih peringkat pertama kedermawanan di tingkat dunia. Ia pun memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagu mereka yang rela memberikan hidupnya bagi dunia kemanusiaan.

Kongres pertama ini diharap menjadi tonggak sejarah, utamanya saat lembaga filantropis, aktor dan agen kemanusiaan berupaya memulai babak baru. Tahun-tahun mendatang, kongres diharap bisa digelar lebih semarak, dalam rangka meningkatkan gerakan kemanusiaan agar menjadi arus utama Indonesia.

Selain menggelar Kongres Kemanusiaan, HI juga menyelenggarakan pemberian penghargaan bagi pelaku inisiator gerakan kemanusiaan. Ada delapan kategori yang disiapkan dalam tajuk Humanity Awards 2021.

Adapun delapan penghargaan yang dimaksud :

1. Kontribusi Kemanusiaan dalam respon Respons Covid-19 : Oxygen for Indonesia

2. Kontribusi Kemanusiaan dalam Sektor Pembangunan : Sugeng Handoko

3. Aktor Kemanusiaan Lokal : Nurlina

4. Kontribusi Kerelawanan dalam Bidang Kemanusiaan : Ahmad Bayu Gawtama

5. Pahlawan Filantropi dalam Bidang Kedermawanan : Mohammad Jusuf Hamka

6. Aktor Pelaksana Gotong Royong : Warga Bantu Warga

7. Lifetime achievement : Dr. Surono

8. Posthumous : Melina Margaretha. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement