Kamis 16 Dec 2021 04:44 WIB

MUI Luncurkan Sekolah Hak Asasi Manusia

Majelis Ulama Indonesia (MUI) meluncurkan sekolah Hak Asasi Manusia (HAM).

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Gedung MUI
Foto: MUI
Gedung MUI

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) meluncurkan sekolah Hak Asasi Manusia (HAM), Rabu (15/12). Sekolah HAM MUI menjadi upaya untuk terus mengawal perkembangan HAM dan mendapatkan solusi bagi permasalahan umat di Indonesia. 

 

Baca Juga

"Apa yang kita lakukan sekarang menjadi bagian penting bagi perkembangan hukum terutama produk-produk atau dari alumni dari sekolah HAM yang dilakukan MUI," kata Ketua Bidang Hukum dan HAM MUI, Prof. KH. Noor Achmad pada sambutannya di International Webinar 'on Human Rights in Various Perspectives (Islam, UDHR, and Indonesia) and the Launching of the MUI Human Rights School' pada Rabu.

Dia mengatakan, acara ini menjadi momentum yang begitu penting, karena pemikiran mengenai HAM yang terus berkembang sejalan dengan hukum itu sendiri. Dia mengatakan, HAM merupakan hak yang melekat pada setiap individu sejak dilahirkan. Hak tersebut mencakup banyak aspek, baik itu yang terkait dengan hak hidup, beragama, berpendapat, dan lain sebagainya.

Prof Noor mengatakan, MUI telah mengeluarkan fatwa nomor 6 tahun 2000 mengenai HAM untuk merespons berbagai permasalahan. Berbagai upaya yang dilakukan oleh MUI bersama stakeholder lain menjadi penting untuk perkembangan HAM di Indonesia.

"Akhir-akhir ini terjadi pertentangan antara pihak satu dengan yang lain, bahkan mengklaim dengan mengatasnamakan agama dan kelompok masyarakat. Di sinilah MUI akan hadir sebagai pengayom masyarakat yang dituntut untuk memberikan solusi permasalahan," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement