Rabu 15 Dec 2021 17:17 WIB

Memakai Riasan Ketika Berwudhu, Bolehkah?

Apakah riasan tersebut dihapus atau dibiarkan kemudian melanjutkan berwudhu?

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Muslimah streetwear
Foto: Google.com
Muslimah streetwear

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Satu kesempatan, sebagian dari Muslimah kerap mengenakan riasan saat ketika waktu sholat tiba. Apakah riasan tersebut dihapus atau dibiarkan kemudian melanjutkan berwudhu?

Imam dan Direktur Pusat Doa Orland Park dan perwakilan Dar El Fatwa Lebanon di AS Syekh Kifah Mustapha mengatakan wudhu adalah syarat sahnya shalat. Allah Ta'ala berfirman dalam surat Al Maidah ayat 6,

Baca Juga

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. 

 

Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. 

Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.

Istilah bersuci disini berarti air harus mencapai kulit agar wudhu itu sah. Jadi, jika ada bahan yang menghalangi air untuk mencapai kulit, wudhu tidak akan sah, dan dengan demikian shalat juga tidak sah.

Pertanyaannya adalah, jenis riasan apa yang sedang kita bicarakan dan apakah itu akan membuat lapisan yang akan mencegah air mencapai kulit?

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement