Potret Arsitektur Masjid di Rusia

Jumat , 17 Dec 2021, 04:17 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Juma yang berusia 1300 tahun di Derbent Rusia
Masjid Juma yang berusia 1300 tahun di Derbent Rusia

IHRAM.CO.ID, Oleh: Umar Mukhtar

 

Terkait

MOSKOW -- Islam adalah agama terbesar kedua di Rusia dan umat Muslim di sana sebagian besar terkonsentrasi di wilayah Kaukasus selatan atau di kota-kota besar. Dalam kondisi ini, sering ada kesenjangan geografis antara komunitas Islam dan Kristen Ortodoks.

Baca Juga

Tumbuh di wilayah Arkhangelsk paling utara Rusia, fotografer Anton Alimov belum pernah menemui Islam hingga dirinya melakukan perjalanan studi ke Ufa, ibu kota Republik Bashkortostan yang mayoritas Muslim di Rusia tengah. Saat menjelajahi budaya daerah itu, ia mengunjungi masjid untuk pertama kalinya. Inilah yang membuat tertarik pada arsitektur Islam.

Proyek pemotretan yang dihasilkan Alimov mendokumentasikan masjid-masjid Rusia dalam segala keragamannya. Pengunjung pameran foto-fotonya diharuskan melepas sepatu mereka sebelum masuk. Agar mereka bergerak melampaui masjid-masjid terkenal yang mewah seperti Kul Sharif yang mewah di Kazan, dan melihat lebih dekat pada pengalaman sehari-hari Muslim Rusia.

photo

Masjid bersejarah di Kazan, Rusia (ilustrasi) - (republika)

Saat berada di Ufa, Alimov memotret sederet bangunan keagamaan seperti sebuah masjid yang terletak di dalam bekas gedung bioskop Soviet, sebuah bangunan neoklasik yang rapi di lahan pemakaman Muslim, dan Ar-Rakim, calon masjid termegah di Ufa, yang sudah dibangun selama hampir dua puluh tahun.

Masjid tertua itu dibangun pada tahun 1830, 62 tahun setelah masjid batu pertama Kekaisaran Rusia dibangun di negara tetangga Kazan. Masjid itu dibangun mengikuti dekrit khusus oleh Catherine the Great, karena sebelumnya hanya masjid kayu yang diizinkan di Rusia.