Ahad 19 Dec 2021 20:22 WIB

IHYA 2021 Diharapkan Dorong Lahirnya Inovasi

IHYA 2021 diharapkan mendorong lahirnya inovasi dan kreativitas industri halal.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Agung Sasongko
ilustrasi:industri halal - Pengunjung melihat produk halal yang dipamerkan dalam seminar
Foto: Republika/Agung Suprianto
ilustrasi:industri halal - Pengunjung melihat produk halal yang dipamerkan dalam seminar

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ajang Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2021 memberikan penghargaan kepada 14 pemenang atas peran aktifnya dalam memajukan pengembangan industri halal di Indonesia. Sejumlah pemenang itu memperoleh penghargaan dalam tujuh kategori yang penyerahannya disaksikan secara langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin di Jakarta pada Jumat (17/12).

“Seperti disampaikan Presiden Joko Widodo, Indonesia sudah harus menjadi pusat produksi halal dunia di 2024. Hari ini saya menyaksikan banyak inovasi muncul dari individu, pengusaha, akademisi, dan perusahaan, pertanda bahwa industri halal Indonesia akan tumbuh dan cita-cita menjadi pusat halal dunia akan bisa terwujud,” ujar Ma'ruf Amin dalam sambutannya.

 

Wapres berharap IHYA 2021 semakin mendorong lahirnya inovasi dan kreativitas seluruh insan industri halal Indonesia. “Kita menantikan sumbangsih yang lebih besar demi mewujudkan visi pusat indonesia halal dunia, indonesia sehat, dan ekonomi kuat,” kata dia.

 

Menurut Wapres, produk halal merupakan bagian dari keimanan bagi Umat Muslim. Selain itu, di luar perintah agama, produk-produk halal memiliki keunggulan lain, seperti mengedepankan prinsip kebersihan dan kesehatan, sehingga memberikan ketenangan bagi konsumen.

 

“Hal ini menjadikan produk halal seperti makanan, pakaian, kosmetik dan  obat-obatan semakin diminati oleh masyarakat. Maka berkembang menjadi bagian gaya hidup dan jadi tren kompetisi perdagangan global,” jelas dia.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement