Jumat 24 Dec 2021 05:30 WIB

Ini Kebiasaan Rasulullah Ketika Memakai Minyak Wangi

Rasulullah mengalokasikan dana belanjanya untuk wewangian.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani
Rasulullah SAW. Ilustrasi
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Rasulullah SAW. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Rasulullah SAW merupakan pribadi yang menyukai kebersihan dan keindahan, untuk itu tak heran jika beliau mengalokasikan dana belanjanya untuk wewangian.

Abdul Fattah As-Samman dalam buku Harta Nabi menjelaskan, Rasulullah SAW meminyaki rambut kepala, merapikan jenggot, dan meminyaki alas penutup kepala. Seakan-akan pakaian beliau merupakan baju penghias tubuh beliau.

Apabila Ibnu Umar ingin menggunakan wewangian, ia memakai Al-Aluwwah (kayu wangi yang dibakar) tanpa campuran. Terkadang juga memakai kapur yang dicampur dengan Al-Aluwwah. Setelah itu Ibnu Umar berkata, “Beginilah kebiasaan Rasulullah memakai minyak wangi,”.

Diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah, dia berkata, “Seakan-akan aku masih melihat semerbaknya wewangian di garis sisiran kepala Rasulullah pada saat beliau berihram,”. Dalam riwayat lain, Sayyidah Aisyah berkata, “Aku memakaikan harum-haruman untuk Rasulullah dengan wewangian terbaik yang aku dapatkan sebelum beliau berihram. Setelah itu, baru beliau melakukan ihram,”.

Sedangkan berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Jabir bin Samurah, dia bercerita, “Aku shalat bersama Rasulullah shalat pertama (Zhuhur). Setelah itu, beliau keluar menemui istri beliau dan aku pun ikut keluar bersama beliau. Tiba-tiba beliau disambut oleh beberapa anak kecil dan beliau pun mengusap kedua pipi mereka masing-masing secara bergantian,”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement