Kamis 23 Dec 2021 19:00 WIB

Bolehkah Ikuti Undian Berhadiah, Ini Penjelasannya

Apakah boleh seorang muslim mengikuti undian tersebut baik berhadiah?

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Undian berhadiah (ilustrasi).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Undian berhadiah (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Imam Masjid Pusat Kota Toronto di Kanada, Wael Shehab mengatakan seorang Muslim tidak diperbolehkan untuk memainkan permainan atau mengikuti undian untuk mendapatkan uang atau barang. Permainan dan praktik semacam itu dinilai menyebarkan permusuhan, kebencian, pengangguran , dan kemalasan di masyarakat. 

"Permainan undian, apalagi jika permainan tersebut dapat membuat orang menjauh dari mengingat dan menyembah Allah,"katanya seperti dilansir Aboutislam.net, Kamis (23/12).

Baca Juga

Wael mengutip, firman Allah SWT surat  Al Maidah ayat 90-91,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ.إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung. 

Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan sholat, maka tidakkah kamu mau berhenti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement