Senin 27 Dec 2021 06:20 WIB

Masjidil Haram Siapkan Mushaf Digital bagi Tunanetra 

Rak khusus sedang disiapkan untuk 100 perangkat braille elektronik.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
mushaf Alquran digital (ilustrasi)
Foto: Flickr
mushaf Alquran digital (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Sebuah Alqur'an digital sedang diperkenalkan di Masjidil Haram Makkah untuk membantu Muslim tunanetra. Alquran digital ini disiapkan untuk memungkinkan pengunjung dan peziarah tunanetra dapat membaca ayat-ayat kitab suci Islam dengan lebih mudah.

Ghazi Al-Thubyani, dari Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, mengatakan rak khusus sedang disiapkan untuk 100 perangkat braille elektronik yang telah dirancang untuk tunanetra. Perangkat ini didesain dengan panjang enam inci dan lebar empat inci, sehingga pengguna dapat berpindah halaman dengan mudah ketika menggunakan sel braille berkualitas tinggi.

“Setiap sel dapat menampung enam titik putus-putus, serta 10 tombol digital yang memungkinkan pengguna memasukkan nomor halaman untuk navigasi cepat, serta tombol rotasi. Mereka juga dapat menggulir baris di setiap sisi teks dalam huruf braille,” kata Al-Thubyani dilansir dari Arab News, Senin (28/12). 

“Layanan ini akan segera diberikan. Kami hampir selesai menyiapkan rak untuk perangkat ini agar dapat dijangkau oleh para jamaah yang tidak dapat melihat yang mengunjungi masjid suci,” sambungnya.

Selain Alquran digital ini, pihaknya masih tetap menyediakan Alquran braille biasa. Selain itu, juga tersedia braille yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak tunanetra untuk membantu mereka belajar tentang tauhid dan dasar-dasar Islam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement