Rabu 29 Dec 2021 05:00 WIB

Ayat Terakhir Alquran dan Peringatan Musnahnya Dunia

yat terakhir Alquran yang diturunkan Allah SWT adalah Al Baqarah ayat 281.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ayat terakhir Alquran yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW adalah ayat 281 Surah Al-Baqarah. Hal ini sebagaimana riwayat Ibnu Abbas RA. Ibnu Abbas berkata, "...setelah itu (turunnya ayat tersebut), Rasulullah SAW hidup selama 21 hari."

Dalam Surah Al-Baqarah ayat 281, Allah SWT berfirman, "Dan takutlah pada hari (ketika) kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian setiap orang diberi balasan yang sempurna sesuai dengan apa yang telah dilakukannya, dan mereka tidak dizalimi (dirugikan)."

Baca Juga

Ibnu Katsir, terhadap ayat tersebut, menjelaskan, ayat 281 Surah Al-Baqarah merupakan teguran Allah SWT terhadap hamba-hamba-Nya dan mengingatkan mereka tentang matinya dunia dan musnahnya segala yang ada di dalamnya, seperti harta dan lain sebagainya.

Masih dalam tafsir Ibnu Katsir terhadap ayat tersebut, bahwa manusia akan mendatangi akhirat dan kembali kepada-Nya. Mereka dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah mereka kerjakan selama di dunia dan Allah SWT memberikan ganjaran dengan kebaikan dan keburukan yang mereka lakukan.

 

Ayat tersebut juga memperingatkan soal adanya azab Allah SWT. Allah SWT berfirman, "Dan takutlah pada hari (ketika) kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian setiap orang diberi balasan yang sempurna sesuai dengan apa yang telah dilakukannya, dan mereka tidak dizalimi (dirugikan)."

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement