Sabtu 01 Jan 2022 04:50 WIB

Arab Saudi Cetak 5 Rekor Dunia di Guinness World Records

Arab Saudi telah memecahkan sejumlah rekor dunia di Guinness Book of Records.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Bendera Arab Saudi
Foto: AP/Amr Nabil
Bendera Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Setiap tahun, Kerajaan Arab Saudi membuktikan kesinambungannya dalam mengukuhkan kemajuan dan kesuksesannya di segala bidang. Upaya negara ini telah membuahkan hasil selama beberapa tahun di bawah kepemimpinan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Dukungan dan perlindungan dari para pemimpin Saudi terhadap talenta dan ambisi tinggi rakyat tercermin dalam menuai keberhasilan yang tak terhitung. Hal itu juga yang telah membantu memperkuat ekonomi dan keamanan negara lebih jauh.

Pencapaian Kerajaan yang luar biasa itu telah menghasilkan sejumlah rekor yang berhasil dicetak pada 2021. Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (31/12),  Arab Saudi telah memecahkan sejumlah rekor dunia di Guinness Book of Records.

Pada 11 Maret 2021, the Saline Water Conversion Corporation (SWCC) menciptakan rekor baru dengan masuk di buku Guinness World Records sebagai pabrik desalinasi dengan konsumsi energi terendah di dunia dengan 2,27 kilowatt-jam per meter kubik air desalinasi. SWCC adalah lembaga pemerintah Saudi yang diamanatkan dan dipercayakan dengan desalinasi air laut dan pengiriman air desalinasi ke berbagai wilayah Kerajaan dan sekitarnya.

 

Pabrik desalinasi air akan memperbesar dan meningkatkan kepemimpinan globalnya dalam industri desalinasi dan meningkatkan kontinuitas kemajuannya. SWCC dengan tepat menggambarkan keberhasilannya sejak didirikan di Kerajaan, dengan mengatakan: "Dari kondensor hingga produsen air desalinasi terbesar di dunia."

Dengan Visi 2030, Arab Saudi telah menyelenggarakan sejumlah acara besar yang memukau negara-negara di dunia dan menghasilkan salah satu festival paling menarik di bulan-bulan pertama 2021, yakni "Noor Riyadh".

Acara tersebut menerangi ibu kota Kerajaan, Riyadh, pada 18 Maret 2021 lalu dengan keindahan dan kemegahan dari berbagai karya seni yang memecahkan rekor. Dua karya seni itu, yakni "Beacon" dan "Star in Motion", yang ditampilkan sebagai bagian dari perayaan yang berhasil masuk ke dalam Guinness World Records tersebut.

Beacon adalah karya Carolina Halatek, yang terdiri dari 272.160 lampu LED yang menerangi kota Riyadh. Sementara "Star in Motion" merupakan karya Kurt Vermeulen yang memecahkan rekor dunia sebagai hiasan gantung paling terang. Karya ini dibuat menggunakan 1,2 juta lampu yang digantung pada ketinggian 256 meter di Kingdom Tower.

Selanjutnya pada 23 September, Federasi Otomotif & Sepeda Motor Saudi (SAMF) memukau dunia dengan meluncurkan LEGO bata terbesar yang pernah dibuat dari mobil Formula 1. Menggunakan 500.000 batu bata, karya ini telah mengalahkan rekor sebelumnya dan masuk ke Guinness World Records.

LEGO bata mobil F1 terbesar ini berukuran 5710 mm x 2048 mm x 1072 mm. mobil itu dibuat untuk pekerjaan amal untuk Platform Nasional untuk Pekerjaan Amal (Ehsan). Orang-orang di Kerajaan dapat membeli batu bata LEGO yang digunakan untuk membuat model mobil dan hasilnya langsung disalurkan ke platform Ihsan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement