Yayasan Keagamaan Belanda Kutuk Surat Islamofobia ke Masjid

Selasa , 04 Jan 2022, 12:07 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid di Belanda
Masjid di Belanda

IHRAM.CO.ID, ROTTERDAM -- Yayasan Keagamaan Belanda mengeluarkan pernyataan yang mengutuk pengiriman surat ke beberapa masjid di Belanda dengan konten Islamofobia, Senin (3/1).

 

Terkait

Masjid-masjid yang berafiliasi dengan yayasan, juga dikenal sebagai Hollanda Diyanet Vakfi (HDV), disebut menerima sebuah surat pekan lalu. Termasuk di dalamnya terdapat kartun yang menghina Nabi Muhammad SAW dan Islam.

Baca Juga

Dilansir di Anadolu Agency, Selasa (4/1), dalam pernyataannya, yayasan tersebut mengatakan insiden serupa pernah terjadi di di masa lalu, yang berubah menjadi penyerangan.

"Kami mengutuk keras setiap serangan terhadap masjid dan tempat suci. Kami berharap pihak berwenang mengidentifikasi pelaku serangan yang mengganggu komunitas kami dan membawa mereka ke pengadilan," ujar mereka.

Yayasan tersebut mengatakan telah beroperasi di Belanda selama lebih dari 40 tahun. Mereka menawarkan kesempatan bagi umat Islam di negara itu untuk memenuhi kewajiban agama mereka.

Diberitakan sebelumnya, sebuah surat ancaman dikirim ke sebuah masjid di Belanda tengah, awal tahun 2021. Surat ancaman itu berisi ancaman Islamofobia dan rasis yang menargetkan komunitas Turki dan Maroko di pusat kota Almere.

"Masjid tersebut telah mengalami serangan sebanyak tiga kali dalam enam tahun terakhir," kata pengurus Masjid Omar Ibn Al Khattab.

Media lokal kala itu juga melaporkan polisi telah memulai penyelidikan kriminal untuk menemukan pengirim surat, setelah mendapat pengaduan dari tokoh masyarakat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini