Alquran Ungkap Pembantu Setan di Kalangan Manusia

Rabu , 05 Jan 2022, 06:15 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Agung Sasongko
Alquran
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Di dalam Alquran, Surah Al-A'raf Ayat 202-203 dijelaskan siapa saja orang-orang yang suka membantu setan itu.

 

Terkait

وَاِخْوَانُهُمْ يَمُدُّوْنَهُمْ فِى الْغَيِّ ثُمَّ لَا يُقْصِرُوْنَ

Baca Juga

Dan teman-teman mereka (orang kafir dan fasik) membantu setan-setan dalam menyesatkan dan mereka tidak henti-hentinya (menyesatkan). (QS Al-A'raf: 202)

Maksud ayat tersebut adalah mereka yang bertakwa akan selamat, meski teman-teman mereka yakni orang kafir dan fasik terus-menerus membantu setan-setan dari kalangan jin dan manusia dalam menyesatkan manusia di bumi. Sikap mereka lebih buruk lagi, karena mereka tidak hanya membantu setan sekali atau dua kali, tetapi mereka giat melakukan bantuan tersebut secara terus-menerus, dan tidak henti-hentinya menyesatkan serta melakukan perbuatan keji yang dilarang oleh Allah.

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan bahwa orang jahil dan kafir membantu setan dalam menyesatkan dan berbuat kerusakan. Sebab orang-orang jahil itu selalu dipengaruhi setan dan tidak ingat kepada Allah.

Jika timbul dalam diri mereka (orang kafir dan jahil) dorongan nafsu hewani, mereka melampiaskannya dalam bentuk tindakan dan perbuatan hewani. Tidak ada kekuatan jiwa yang membendung nafsu hewani pada diri mereka itu. Karena itu mereka terus menerus melakukan kerusakan dan bergelimang dalam kesesatan.

وَاِذَا لَمْ تَأْتِهِمْ بِاٰيَةٍ قَالُوْا لَوْلَا اجْتَبَيْتَهَاۗ قُلْ اِنَّمَآ اَتَّبِعُ مَا يُوْحٰٓى اِلَيَّ مِنْ رَّبِّيْۗ هٰذَا بَصَاۤىِٕرُ مِنْ رَّبِّكُمْ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

Dan apabila engkau (Muhammad) tidak membacakan suatu ayat kepada mereka, mereka berkata, “Mengapa tidak engkau buat sendiri ayat itu?” Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya aku hanya mengikuti apa yang diwahyukan Tuhanku kepadaku. (Alquran) ini adalah bukti-bukti yang nyata dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS Al-A'raf: 203)