Kamis 06 Jan 2022 23:32 WIB

Pangkalan Militer Amerika Serikat di Jepang Ikut Kendalikan Covid-19

Pangkalan Militer Amerika Serikat di Jepang terlibat pengendalian Covid-19

Pangkalan Militer Amerika Serikat di Jepang terlibat pengendalian Covid-19. Pangkalan militer AS di Okinawa, Jepang.
Foto: AP
Pangkalan Militer Amerika Serikat di Jepang terlibat pengendalian Covid-19. Pangkalan militer AS di Okinawa, Jepang.

IHRAM.CO.ID, TOKYO— Pangkalan militer Amerika Serikat di Jepang pada Kamis (6/1) memberlakukan tindakan yang lebih ketat untuk mengatasi peningkatan kasus Covid-19 saat pemerintah menyatakan keprihatinan besar atas wabah tersebut.

Pasukan Amerika Serikat di Jepang mengatakan sedang "menetapkan langkah-langkah mitigasi yang lebih ketat dalam upaya lebih lanjut untuk mencegah penularan virus (corona baru).

Baca Juga

"Langkah-langkah tersebut termasuk mewajibkan personel militer Amerika Serikat untuk mengenakan masker di luar pangkalan dan kewajiban menjalani tes Covid-19 yang lebih ketat, kata pihak militer Amerika Serikat di Jepang dalam suatu siaran pers.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi meminta Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken agar anggota pasukan Amerika Serikat dilarang meninggalkan pangkalan, kata Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno kepada wartawan.

Matsuno mengatakan pemerintah Jepang "sangat prihatin" tentang infeksi Covid-19 di pangkalan militer AS.Prefektur selatan Okinawa, yang menampung 70 persen fasilitas militer Amerika Serikat di Jepang, membuat negara itu masuk ke dalam wabah baru Covid-19.

Untuk itu, pemerintah daerah Okinawa pada Kamis meminta tindakan darurat dari pemerintah pusat. Jepang melarang masuk hampir semua pendatang asing pada akhir November 2021 setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Omicron sebagai varian yang diwaspadai.

Namun, militer Amerika Serikat selama ini masih dapat memindahkan stafnya masuk dan keluar Jepang di bawah aturan pengujian dan karantina yang terpisah.

Terkait kondisi itu, kekhawatiran tentang lolosnya penularan virus corona (dari pangkalan militer Amerika Serikat) ke masyarakat umum telah membuat penduduk di sekitar pangkalan gelisah.

Kasus baru Covid-19 meningkat lebih dari dua kali lipat di Okinawa pada Rabu (5/1) dibandingkan hari sebelumnya dalam lonjakan kasus Covid yang menurut Gubernur Denny Tamakidisebabkan oleh varian Omicron.

Sebuah stasiun Korps Marinir Amerika Serikat di prefektur Yamaguchi, Jepang barat, mengatakan telah menemukan 115 kasus baru COVID-19 pada Rabu (5/1). Angka itu menambah jumlah kasus Covid-19 pada hari sebelumnya yang mencapai 182 kasus.   

sumber : Reuters/Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement