Sabtu 08 Jan 2022 01:40 WIB

Hal-Hal yang akan Menimpa Peminum Khamar

Ada enam hal yang akan menimpa orang-orang peminum khamar.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi minuman keras.
Foto:

1.Air Panas Api Neraka Bagi Peminum Khamar 

Orang yang suka meminum khamar dan tidak tobat dengan sungguh-sungguh hingga ajal menjemputnya maka telah disediakan oleh Allah minuman berupa air yang sangat panas dari neraka. Sebagaimana hadits:  

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَسَقَاهُ اللَّهُ مِنْ حَمِيْمِ جَهَنَّمَ

Rasulullah ﷺ bersabda: Barangsiapa minum khamar maka Allah akam memberikan minuman dari air panas neraka jahanam. (HR. Bazzar)

2.Peminum Khamar Diberikan Keringatnya Ahli Neraka 

Kelak peminum khamar akan dimasukan ke dalam neraka. Dan di dalamnya Allah SWT menyuguhkan Thiynatul Khobal yakni keringatnya para ahli neraka. Sebagaimana hadits:  

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ مُسْكِرٍحَرَامٌ, وَاِنَّ عِنْدَاللَّهِ عَهْدًالِمَنْ يَشْرَبُ الْمُسْكِرَأَنْ يَسْقِيَهُ اللَّهُ مِنْ طِيْنَةِ الْخَبَالِ قَالُوْا: يَارَسُوْلَ اللَّهِ ,وَمَاطِيْنَةُ الْخَبَالِ؟ قَالَ :عَرَقُ أَهْلِ النَّارِ أَوْعُصَارَةُ أَهْلِ النَّاِر.  

Rasulullah ﷺ bersabda: Setiap minuman yang memabukan itu haram. Dan di sisi Allah itu ada perjanjian bagi orang yang minum minuman memabukan. Yaitu Allah akan memberikannya minuman Thiynatul Khobal. Para sahabat bertanya:  Ya Rasulullah apakah itu Thiynatul Khobal. Lalu Rasulullah bersabda: yaitu keringatnya ahli neraka atau perasaannya ahli neraka.  (HR. Muslim dan Nasai)

3.Khamar Menjerumuskan Pada Kejahatan

Sudah banyak kasus kejahatan yang terjadi dilatarbelakangi karena pelakunya mengkonsumsi khamar. Mulai dari berbuat zina, berkelahi, membunuh, mencuri, berjudi dan lain sebagainya. Itu sebabnya seseorang yang senang meminum khamar sejatinya besar kemungkinannya untuk melakukan kejahatan atau kemaksiatan lainnya. Sebagaimana sabda nabi:  

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   : اِجْتَنِبُواالْخَمْرَفَاِنَّهَامِفْتَاحُ كُلِّ شَرٍّ. 

Rasulullah ﷺ bersabda: Jauhilah kalian semua khamar, karena khamar itu kunci segala kejahatan. (HR. Hakim)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement