Senin 10 Jan 2022 13:16 WIB

Banyak Keutamaan Serban yang Diungkap Ulama Terdahulu

Banyak sekali keutamaan serban yang diungkapkan para ulama terdahulu.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Pria mengenakan serban (ilustrasi)
Foto: Imagekind.com
Pria mengenakan serban (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Banyak sekali keutamaan serban yang diungkapkan para ulama terdahulu, termasuk oleh Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitabnya yang berjudul Tanqih al-Qaul al-Hatsits fi Syarhi Lubab al-Hadits. Dalam kitab ini, Syekh Nawawi mengungkapkan beberapa hadits tentang keutamaan serban.

Di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan Watsilah bin Asqa’ ra, di mana Nabi Muhammad SAW bersabda,

Baca Juga

“Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat-Nya bersholawat kepada orang-orang yang memakai serban pada Hari Jum’at. Bila terpaksa serban dilepas karena panas, maka tidak masalah, baik sebelum atau sesudah sholat Jum’at. Namun, sebaiknya tidak dilepas ketika berjalan dari rumah menuju masjid, ketika sholat, ketika imam naik mimbar dan khutbah.”

Nabi Muhammad SAW juga bersabda, “Serban adalah mahkota orang Arab. Bila mereka meletakkan serban, berarti mereka meletakkan keagungan mereka.” (HR. Dailami dari IBnu Abbas dan sanad hadits ini dhaif).

 

Selain itu, Syekh Nawawi al-Bantani juga mengutip hadits yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad bersabda,

“Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat-Nya mengagungkan orang-orang yang memakai serban pada hari Jum’at,” (HR Daruquthni dari Abu Darda’, dan hadits ini dhaif).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement