Wapres Berharap Madura Pelopori Pengembangan Riset Halal

Kamis , 13 Jan 2022, 16:04 WIB Reporter :Fauziah Mursid/ Redaktur : Agung Sasongko
Wakil Presiden Maruf Amin
Wakil Presiden Maruf Amin

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap Pulau Madura menjadi salah satu pelopor bagi pengembangan riset produk halal. Itu disampaikan Wapres saat meresmikan  Halal Center Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Kamis (13/1).

 

Terkait

Pemerintah kata Wapres, sangat mendorong kolaborasi riset yang berkualitas agar Indonesia dapat memproduksi sendiri bahan baku maupun produk halal yang selama ini masih harus diimpor.

Baca Juga

"Harapan besar kita tentu Pulau Madura akan menjadi salah satu pelopor bagi pengembangan riset produk halal, sekaligus gaya hidup halal di tanah air," kata Wapres dalam sambutan peresmian, Kamis (13/1).

Wapres menilai, masyarakat dunia telah menyaksikan perkembangan industri halal yang mengarah menjadi gaya hidup (lifestyle). Saat ini juga kesadaran untuk mengonsumsi produk yang terjamin halal dan thoyyib semakin meluas, tidak hanya sektor makanan dan minuman, tetapi juga kosmetik, fesyen, pariwisata, dan lain sebagainya.

Untuk itu, kehadiran Halal Center Universitas Trunojoyo Madura (UTM) diharapkan dapat mendukung tumbuhnya produk-produk halal, sehingga gaya hidup halal masyarakat Madura juga akan berkembang.

"Hal yang sama, kita harapkan dapat juga dikembangkan di Madura. Gaya hidup Islami yang mengakar kuat di tengah masyarakat, tentu menjadi awalan yang baik untuk upaya percepatan halal lifestyle secara lebih luas," kata Kiai Ma'ruf.