Jumat 14 Jan 2022 19:31 WIB

Rekor, Suhu di Kota Terpencil di Australia Capai 50,7 Derajat Celsius

Suhu udara kota Onslow, Australia Barat, tercatat mencapai 50,7 derajat celcius.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agung Sasongko
Matahari bersinar terik (ilustrasi. Suhu udara kota Onslow, Australia Barat, tercatat mencapai 50,7 derajat celcius.
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Matahari bersinar terik (ilustrasi. Suhu udara kota Onslow, Australia Barat, tercatat mencapai 50,7 derajat celcius.

IHRAM.CO.ID, SYDNEY -- Suhu udara kota Onslow, Australia Barat, tercatat mencapai 50,7 derajat celcius pada Kamis (13/1/2022). Catatan itu merupakan rekor di negara itu dalam kurun aktu 62 tahun.  

"Catatan suhu maksimum Australia Barat BARU dan rekor suhu Nasional yang sama!" kata Biro Meteorologi negara bagian di Twitter, seperti dikutip laman Channel News Asia, Jumat (14/1).

Baca Juga

"Onslow mencapai suhu yang belum pernah terjadi sebelumnya, 50.7C yang merupakan rekor WA dan sama dengan hari terpanas Australia yang ditetapkan 62 tahun yang lalu di Oodnadatta SA," ungkap Biro Meteorologi.

Negara itu terakhir mencatat suhu 50,7 derajat Celcius pada 2 Januari 1960 di Bandara Oodnadatta Australia Selatan. Direktur riset Dewan Iklim Dr Martin Rice mengatakan rekor itu adalah bagian dari tren pemanasan global jangka panjang yang didorong oleh pembakaran batu bara, minyak dan gas.

Dia mengatakan suhu ekstrem sudah memiliki konsekuensi bencana yang mematikan di Australia. "Gelombang panas adalah pembunuh diam-diam di Australia, mereka menyebabkan lebih banyak kematian daripada peristiwa cuaca ekstrem lainnya," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement