Jumat 14 Jan 2022 19:53 WIB

BMKG Laporkan Lima Gempa Susulan Banten

BMKG terus memantau perkembangan terkini gempa di Selat Sunda tersebut.

Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi lima gempa bumi susulan usai gempa berkekuatan 6,6 magnitudo(M) mengguncang wilayah Banten pada Jumat sekitar pukul 16.05 WIB."Berdasarkan hasil monitoring terjadi lima kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar 5,7 M," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers yang diikuti di Jakarta, Jumat (14/1/2022).

Ia mengatakan BMKG terus memantau perkembangan terkini gempa di Selat Sunda tersebut, termasuk potensi gempa susulan lainnya. Ia mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan kabar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga

Masyarakat dapat memantau perkembangan lewat saluran resmi BMKG maupun laman-laman resmi lainnya. Di samping itu, BMKG juga meminta masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

Dari laporan yang diterima BMKG, gempa berkekuatan 6,6 M ini menimbulkan kerusakan bangunan di Kabupaten Pandeglang yakni di Kecamatan Munjul dan Kecamatan Cimanggu.

 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement