Keunikan Museum Peradaban Islam Sharjah

Jumat , 14 Jan 2022, 21:12 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Agung Sasongko
Bagian dalam Museum Peradaban Islam Sharjah di Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA).
Bagian dalam Museum Peradaban Islam Sharjah di Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA).

Namun, adapula hal menarik lainnya, yakni mosaik di dalam kubah pusat yang merinci rasi bintang zodiak. Beragam pameran, model, dan bagan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pencapaian budaya dan ilmiah peradaban Islam dalam konteks sejarah dan agamanya.

 

Terkait

Dilansir di Khaleej Times, Jumat (14/1/2022), museum ini menampilkan karya seni yang unik dan pameran Islam seperti astrolab, manuskrip kuno, koin, dan mosaik menakjubkan di atrium pusat.

Museum ini menampilkan berbagai artefak Islam seperti tembikar, logam, ukiran kayu, manuskrip dan tekstil yang berasal dari abad ke 7-13 Masehi. Lebih dari 5.000 artefak dari hampir seluruh Dunia Islam dipajang di galeri yang luas, bersama dengan pameran sementara khusus di museum tersebut. 

 

Museum ini terdiri dari berbagai area pajangan dan menampilkan beberapa artefak langka yang tidak dapat dilihat di tempat lain di dunia. Adapula galeri Ibn Al Haytham tentang inovasi Islam, yang mencakup pameran tentang kemajuan ilmiah, termasuk jam awal yang kompleks, alat bantu navigasi, dan senjata.