Sabtu 15 Jan 2022 22:17 WIB

Tiga Pertanyaan Besar Soal Zaman ini

Ada tiga pertanyaan yang meringkas tentang kehidupan manusia di zaman ini.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Umat Islam melaksanakan shalat (ilustrasi).
Foto:

Dr. Ramadhan Abdul Rozaq menjelaskan tentang jawaban dari pertanyaan pertama yakni apa hal paling mudah terjadi atau dilakukan di zaman ini?

Menurutnya yang paling mudah dilakukan zaman ini adalah adalah ketidaktaatan kepada Allah. Seseorang sangat dekat dengan dosa dan itu mudah sekali dilakukan. Sedang jarak manusia dan Allah jauh. 

Adapun pertanyaan kedua, apa hal yang paling sulit terjadi atau dilakukan di zaman kita saat ini?

Menurut Dr. Ramadhan Abdul Rozaq bahwa manusia bukannya taat kepada Allah akan tetapi karena zaman ini, banyak orang berkebalikan perilakunya dan menjadi aneh, bisa jadi lada satu malam orang tersebut qiyamullail dan malam selanjutnya orang itu malah melihat film porno.

Kendati demikian, menurut Dr. Abdul Rozaq selagi orang tersebut berniat dengan sungguh-sungguh untuk bertaubat maka Allah akan mengampuninya. Sebagaimana Allah berfirman: 

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Alquran surat Az Zumar ayat 53).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement