Jumat 04 Feb 2022 04:53 WIB

PCIM Terdaftar Resmi di Amerika Serikat

PCIM sebagai organisasi resmi di Amerika Serikat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Muhammadiyah
Foto: wikipedia
Muhammadiyah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Amerika Serikat (AS)  terdaftar sebagai organisasi resmi di Pemerintah (AS) dengan nama Muhammadiyah USA Incorporated. Menurut ketua PP Muhammadiyah, Prof, Abdul Mu'ti  terdaftarnya PCIM sebagai organisasi resmi di Amerika menjadi pencapaian yang sangat penting dalam rangka memperluas dakwah Islam. 

"Kami menyampaikan selamat, bangga, dan bahagia atas terbitnya badan hukum Muhammadiyah USA. Sebuah pencapaian penting yang merupakan pengakuan dan langkah maju mendukung dakwah Islam di USA. Muhammadiyah USA dapat lebih leluasa berdakwah mengembangkan amal usaha sebagaimana yang telah dilakukan oleh Muhammadiyah di Australia, Malaysia, Mesir, Taiwan, dan sebagainya," kata Prof Mu'ti kepada Republika,co.id pada Kamis (3/1).

Baca Juga

Sementara itu seperti dilansir laman resmi Muhammadiyah  Ketua PCIM Amerika Serikat, Arief Iswanto  menuturkan bahwa pengakuan tersebut didapatkan setelah PCIM Amerika mengajukan diri dengan nama Muhammadiyah USA Incorporated, dan mengajukan lisensi lagi sebagai organisasi non-profit dengan beberapa lini bisnis.

“Jadi Muhammadiyah USA Inc itu adalah organisasi yang bersifat religius, charitable (sosial), cultural (budaya), educations (pendidikan), dan non-profit organization. Dan untuk membershipnya disini terbuka, kepada siapa saja yang mendukung program-program Muhammadiyah,” tuturnnya.

 

Setelah diakui sebagai organisasi resmi, PCIM AS dapat beberapa keuntungan misalnya bisa menjalin kerjasama secara resmi dengan pihak luar. Seperti melakukan galang donasi untuk disalurkan kepada korban bencana bagi Negara luar, termasuk Indonesia, maka dana yang terkumpul tersebut tidak terbebani pajak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement