Kamis 24 Feb 2022 01:30 WIB

Menag Yaqut Optimistis Jamaah Haji Indonesia Berangkat Tahun Ini

Arab Saudi belum mengumumkan apakah membuka haji untuk jamaah luar negeri.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Menag Yaqut Optimistis Jamaah Haji Indonesia Berangkat Tahun Ini
Foto: Prayogi/Republika.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Menag Yaqut Optimistis Jamaah Haji Indonesia Berangkat Tahun Ini

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas optimistis Indonesia bisa memberangkatkan jamaah haji pada tahun ini, kendati Pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian apakah akan membuka untuk jamaah luar negeri atau tidak.

"Saya optimistis tahun ini jamaah haji bisa diberangkatkan," ujar Yaqut dikutip dalam laman resmi Kemenag di Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga

Yaqut mengatakan kementeriannya akan terus mengejar dan mengupayakan agar tahun ini dapat memberangkatkan haji. Apalagi sudah dua tahun berturut-turut tidak mengirimkan jamaah seiring dengan perkembangan Covid-19 di seluruh dunia.

Tidak mengirimkan jamaah haji selama dua tahun ini berpengaruh pada masa tunggu yang kian panjang. Namun, ia optimistis Arab Saudi akan membuka pelaksanaan haji, apalagi otoritas terkait telah terbuka untuk umroh.

 

Menurutnya, tim dari Kementerian Agama berencana akan terbang ke Arab Saudi menanyakan soal kepastian penyelenggaraan ibadah haji dalam waktu dekat ini. "Kita terus kejar kepastian keberangkatan jamaah haji Indonesia pada tahun ini. Dalam waktu dekat, Tim Kementerian Agama akan ke Arab Saudi untuk menjajakinya," kata dia.

Menag Yaqut menyampaikan secara teknis Kementerian Agama siap memberangkatkan calon jamaah. Namun, kata dia, masyarakat Indonesia juga harus bisa menerima jika nantinya ada pembatasan kuota dari Kerajaan Arab Saudi.

Sehingga nantinya jumlah jamaah haji Indonesia yang diberangkatkan tidak seperti pada tahun sebelum terjadinya pandemi. "Semoga tahun ini, bisa memberangkatkan jamaah haji. Kita terus lakukan lobi kepada pemerintah Arab Saudi agar jamaah haji tahun ini bisa diberangkatkan," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement