Selasa 15 Mar 2022 15:03 WIB

Proyek Transportasi Bus Makkah Memulai Uji Coba Tahap Kedua

Jaringan bus di kota Makkah tersebar di 12 rutJ

Sebanyak 400 bus buatan Jerman akan melayani jaringan transportasi umum di kota suci Makkah pada tahap pertama.
Foto: Saudi Gazette
Sebanyak 400 bus buatan Jerman akan melayani jaringan transportasi umum di kota suci Makkah pada tahap pertama.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Proyek Angkutan Bus Umum di Makkah memulai operasi uji coba tahap kedua pada Selasa. Fase kedua meliputi rute 6, 7, dan 12, yang menghubungkan Area Pusat, Kereta Ekspres Haramain, dan Universitas Um Al-Qura, meluas ke area Al-Buhairat.

Rute baru ini diharapkan dapat melayani pengunjung kota suci dalam skala yang lebih besar. Operasi uji coba tahap pertama proyek dimulai pada pertengahan Februari.

Dilansir Suadi Gazette, jaringan bus di kota Makkah tersebar di 12 rute, dilayani oleh sekitar 425 pemberhentian dan empat stasiun utama di wilayah tengah.

Jaringan transportasi bus umum mencakup sebagian besar wilayah kota, dengan 400 bus pada tahap pertama, termasuk 240 bus standar dan 160 bus gandeng, yang semuanya buatan Jerman. 

Seperti diketahu, selama ini persoalan transportasi umum di Makkah memang menjadi persoalan. Banyak para peziarahh merasa kesulitan ketika hendak bepergiaan atau berjiarah di Makkah. Mereka hanya bisa pergi dengan cara menyewa kendaraan atau naik taksi.

Bagi jamaah Indonesia hal ini sering merasa kagok. Karena kebiasaan di tanah air adalah naik kendaraan umum atau bukan naik taksi, saat berpergian. Bila kini ada transportasi umum di Makkah tentu saja menggembirakan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement