Kamis 17 Mar 2022 00:41 WIB

Lima Aplikasi yang Perlu Diunduh Selama Ramadhan

Ada banyak aplikasi yang perlu diunduh selama Ramadhan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Ramadhan
Foto: Pixabay
Ilustrasi Ramadhan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang bulan suci, ada baiknya untuk mempersiapkan diri supaya dapat memaksimalkan ibadah. Salah satu caranya adalah mengunduh beberapa aplikasi Muslim yang dapat membantu ibadah.

Berikut aplikasi Muslim yang bisa temani Anda saat Ramadhan:

1.Muslim Pro: Alquran, Arah Kiblat, Adzan, dan Sholat (4.4/5)

Muslim Pro merupakan aplikasi yang berisi paket fitur menunjang ibadah Muslim. Misal, fitur waktu sholat, pemberitahuan adzan, dan kiblat. Khusus selama Ramadhan, aplikasi ini akan menghadirkan waktu berpuasa termasuk imsak dan iftar. Selain itu, Anda juga bisa membaca Alquran yang dilengkapi dengan terjemahan, audio mp3, dan tajwid berwarna.

 

Jika Anda berada di luar rumah dan tidak tahu arah kiblat, Muslim Pro menyediakan fitur animasi kompas kiblat dan pelacak masjid terdekat yang membantu Anda menemukan masjid di lokasi Anda. Anda bisa mengunduh Muslim Pro di Google Playstore dan Appstore.

2.Umma: Pro Muslim Community Indonesia (4.7/5)

Jika Anda ingin mencari aplikasi seperti Muslim Pro, Anda bisa mengunduh Umma. Umma dibuat untuk komunitas Muslim Indonesia yang menyediakan layanan kebutuhan Muslim. Beberapa fitur utamanya adalah Alquran yang dilengkapi terjemahan dan audio mp3, pelacak kiblat, dan waktu sholat yang ditandai dengan pemberitahuan adzan.

Umma juga menghadirkan doa atau artikel Islami. Bagi Anda yang menyukai podcast, Umma juga menghadirkan podcast Islami bernama uVoice. Umma tersedia di Google Playstore dan Appstore.

3.Alquran Indonesia (4.8/5)

Jika Anda mencari aplikasi Alquran digital, Anda bisa mengunduh Alquran Indonesia. Aplikasi ini menghadirkan Alquran dengan terjemahan bahasa Indonesia dari Kementerian Agama, audio mp3, tajwid berwarna, dan dapat dibaca offline. Anda juga bisa menandai bacaan terakhir dan membagikan ayat Alquran. Aplikasi ini tersedia di Google Playstore dan Appstore.

4.Counter Tasbih Digital (4.8/5)

Aplikasi ini dapat membantu Anda berdzikir jika Anda tidak memiliki tasbih. Anda dapat menyimpan perhitungan tasbih dengan alat penghitung yang tampak seperti cincin. Aplikasi tasbih akan mencatat semua zikir Anda. Penyimpanan zikir dapat berupa jumlah zikir, tanggal, dan nama zikir dengan tombol simpan. Counter Tasbih Digital memiliki tiga tombol, yaitu tombol penghitung, penyimpanan, dan detak.

Anda dapat mengatur getaran atau warna dari tombol di bagian atas layar. Jika Anda ingin menghemat baterai, Anda bisa gunakan mode malam. Sayangnya, Counter Tasbih Digital hanya tersedia di Google Playstore.

5.Himpunan Doa-doa Pilihan Lengkap (4.8/5)

Aplikasi yang dikembangkan oleh Asad Studio menampilkan doa-doa yang ada dalam Alquran dan Al Hadist. Anda akan menemukan doa-doa berdasarkan kategori, misalnya, kumpulan doa harian. Ada juga kategori doa yang khusus dibaca selama bulan Ramadhan. Aplikasi ini hanya tersedia di Google Playstore.

6.KitaBisa (4.8/5)

Selain untuk berdonasi, aplikasi KitaBisa juga dapat digunakan untuk menghitung dan membayar zakat, seperti zakat profesi, maal, dan penghasilan ke mitra Lembaga Amil Zakat (LAZ). Anda juga dapat menghitung kewajiban zakat melalui fitur kalkulator zakat. Aplikasi KitaBisa tersedia di Google Playstore dan Appstore. n meiliza laveda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement