Sabtu 19 Mar 2022 20:00 WIB

Gagassan Kiai Hasyim Muzadi di Tingkat Internasional

Gagasan rahmatan lil alamin tersebut tidak hanya ingin diwujudkan di Indonesia

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Buku biografi KH. Hasyim Muzadi dipajang saat kegiatan bedah buku pada acara Islamic Book Fair 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/4).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Buku biografi KH. Hasyim Muzadi dipajang saat kegiatan bedah buku pada acara Islamic Book Fair 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/4).

IHRAM.CO.ID JAKARTA -- Dalam Seminar Pra Haul ke-5 KH Hasyim Muzadi, Direktur Institut Hasyim Muzadi, Prof Rochmat Wahab menjelaskan, dalam perjalanan hidupnya Kiai Hasyim Muzadi sangat konsen untuk mewujudkan Islam rahmatan lil alamin, baik secara internal meupun eksternal.

“Secara ekseternal bagaimana beliau ingin memperjuangkan rahmatan lil alamin itu dirasakan bagi seluruh negara, seperti di Indonesia yang keislamannya sejalan dengan Aswaja,” ujar Prof Rochmat saat sambutan dalam seminar yang digelar secara daring pada Jumat (18/3/2022) malam.

Baca Juga

Menurut dia, gagasan rahmatan lil alamin tersebut tidak hanya ingin diwujudkan di Indonesia saja, tapi juga di kalangan masyarakat beragama di seluruh dunia. Karena itu, menurut dia, akhirnya Kiai Hasyim mendirikan International Conference of Islamic Scholar (ICIS).

“ICIS ini lah yang diharapkan Pak Hasyim Muzadi menjadi salah satu insitusi yang diharapkan bisa mewujudkan Islam rahmatan lil alamin,” ucap dia.

Prof Rochmat mengatakan, Kiai Hasyim tidak hanya memainkan perannya dalam satu agama, tapi juga antar agama. Menurut dia, hal itu terbukti dalam Konferensi Dunia Agama untuk Perdamaian (World Conference on Religion for Peace/WCRP), yang mana Kiai Hasyim juga menjadi presidennya.

“Islam rahmatan lil alamin memang menjadi respons terhadap apa yang sedang bergejolak. Rahamtan lil alamin merupakan sesuatu yang harus diwujudkankan untuk menciptakan kehidupan yang damai,” kata Prof Rochmat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement