Senin 21 Mar 2022 15:20 WIB

KJRI Jeddah: Pengumuman Haji Akan Dilakukan Segera

Saudi akan segera mengumumkan perihal pelaksanaan haji 2022.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Foto: Republika
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Konsul Jenderal (Konjen) RI Eko Hartono menyebut Kerajaan Saudi akan segera mengumumkan perihal pelaksanaan haji 2022. Ia juga mengonfirmasi nantinya ibadah haji bisa diikuti oleh Muslim dari luar negeri.

"Untuk pengumuman haji, iya betul segera. Tentang kuota belum diputuskan, walau kita sudah berharap segera juga," kata dia saat dihubungi Republika, Senin (21/3/2022).

Baca Juga

Sejauh ini, pihaknya disebut belum mendapat kabar yang jelas berapa kuota yang akan didapatkan Pemerintah Indonesia. Namun, menurut rumor yang beredar bisa mencapai 50 persen dari kuota normal.

Informasi seputar pemberangkatan jamaah dari luar Saudi semula disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Hal ini didapat setelah melakukan pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah, Ahad (20/3).

 

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi," ucap Menag dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (21/3).

Lebih lanjut, dalam pertemuan itu Menag juga mendiskusikan kemungkinan jumlah kuota haji Indonesia dengan Menteri Haji. Menag berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota yang ideal seiring dengan banyaknya jamaah yang sudah menunggu dan rindu ke Tanah Suci.

"Saya sampaikan mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal. Saya tegaskan Indonesia siap melaksanakan haji dan memohon agar segera ada kepastian kuotanya," lanjutnya.

Konjen Eko menyebut Menag Yaqut hari ini memiliki jadwal menghadiri pembukaan Konferensi dan Seminar Haji dan Umrah, yang diselenggarakan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Saudi. Di sore hari, ia akan melaksanakan umrah, dan kembali ke Jakarta pada malam hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement