Pengalaman Ziarah ke Taif yang Kembali Diizinkan Arab Saudi

Selasa , 22 Mar 2022, 03:45 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Pengalaman Ziarah ke Taif yang Kembali Diizinkan Arab Saudi. Foto: Jamaah Firdaus Mulia Abadi (firdaus tour) City Tour dan makan Nasi Mandi di Thaif, pada, Jumat (18/4). Semua situs-situs bersejarah sudah dibuka untuk dikunjungi.
Pengalaman Ziarah ke Taif yang Kembali Diizinkan Arab Saudi. Foto: Jamaah Firdaus Mulia Abadi (firdaus tour) City Tour dan makan Nasi Mandi di Thaif, pada, Jumat (18/4). Semua situs-situs bersejarah sudah dibuka untuk dikunjungi.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan penyelenggara umroh untuk membawa ziarah keliling jamaahnya alias City Tour ke tempat-tempat bersejarah di Makkah dan Madinah. City Tour dibuka berbarengan dengan dihapuskannya kebijakan karantina dan PCR.

 

Terkait

"Sejak keberangkatan saya ke Saudi untuk umroh landing Madinah dari tanggal 9 Maret hingga sekarang kurang lebih 10 hari kegiatan City Tour sudah dibuka begitu bebas di Madinah di tempat-tempat yang kita kunjungi seperti masjid Kuba, Kebun Kurma, kemudian di tempat-tempat yang lain Uhud dan lain sebagainya dibuka sangat ramai," kata pemilik travel Firdaus Mulia Abadi (firdaus tour) Tri Winarto, saat dihubungi Republika, Senin (21/3).

Baca Juga

Tempat-tempat bersejarah di Makkah juga banyak dikunjungi para jamaah dalam program City Tour. City Tour di kota Makkah meliputi Jabal Tsur, Jabal Nur, Arafah, Muzdalifah, Mina.

"Bahkan saya pergi ke Taif tempat Rasululloh shalallahu alaihi wasallam pergi ke Taif untuk berdakwah," ujarnya.

photo

Kebun anggur di sekitar Masjid Addas, Thaif. - (Muhammad Hafil)

Tri memastikan semua tempat-tempat di Saudi sudah terbuka bebas. Keadaan saat ini di Saudi seakan tidak pernah ada pandemi, karena semua tempat bersejarah padat dikunjungi jamaah.

"Semua tempat-tempat jadi saat sekarang telah dibuka pemerintah saudi seluas-luasnya untuk jamaah umroh," katanya.

Jadi kata dia, saat ini sudah tidak ada kebijakan-kebijakan prokes yang merepotkan. Sehingga jamaah lancar melaksanakan ibadah umroh dan juga kegiatan City Tour mengunjungi situs resmi dan bersejarah dalam perkembangan umat Islam baik di Madinah maupun di Makkah

"Ayo umroh, ayo City Tour kita ramaikan umroh untuk umat Islam dunia," katanya.

Tri menceritakan, yang paling menyenangkan saat program City Tour ketika mengunjungi Taif. Taif merupakan kota yang tersembunyi di antara barisan pegunungan yang jaraknya kira-kira 100 km dari Makah menuju ke Taif dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih satu setengah jam.

"Taif menawarkan hal yang luar biasa suhunya saat ini dingin. Di situ banyak sekali yang kita kunjungi setelah ditutup sekian lama dan sudah dibuka jamaah umroh juga bisa membuat paket program ke Taif," katanya.

Di Thaif tempat bersejarah di antaranya Masjid Ibnu Abbas, Masjid addas, Masjid Ali dan kemudian berbelanja di mawar shop industri ekstrak bunga mawar. Di tempat ini juga jamaah bisa makan buah di pasar buah yang sangat menggembirakan.

"Kebersamaan menikmati nasi mandi di kota Taif luar biasa semua ini sudah dibebaskan oleh pemerintah Saudi. Jadi jangan lewatkan kesempatan ketika berumroh kunjungi kota Taif," katanya.

photo

Makam Abdullah bin Abbas di Thaif. - (Dok MCH)

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini