Pengembangan Jabal Rahma akan Permudah Jamaah

Jumat , 08 Apr 2022, 12:52 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Sejumlah jamaah haji berjalan menuju Jabal Rahmah di Arafah dengan memakai masker dan menjaga jarak sosial guna menghindari penyebaran virus corona di Arafah, Arab Saudi, Kamis (30/7/2020).
Sejumlah jamaah haji berjalan menuju Jabal Rahmah di Arafah dengan memakai masker dan menjaga jarak sosial guna menghindari penyebaran virus corona di Arafah, Arab Saudi, Kamis (30/7/2020).

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH -- Kerajaan Arab Saudi terus berupaya melakukan perbaikan dan pengembangan atas lokasi-lokasi tujuan haji. Terbaru, diumumkan akan dilakukan pengembangan di lokasi dekat Jabal Rahmah.

 

Terkait

Sebuah perusahaan bernama Kidana Development Company menyatakan bertanggung jawab atas proyek pengembangan dan facelift tersebut.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (8/4/2022), perubahan akan dilakukan di area yang berdekatan dengan Jabal Rahmah di dataran Arafat, sebagai bagian dari inisiatif mempercantik Tempat Suci.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan layanan dan fasilitas, sekaligus menyediakan layanan berkualitas kepada para peziarah dan pengunjung di daerah sekitar Jabal Rahmah, dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan zaman. 

Proyek tersebut akan mencakup area seluas 200.000 meter persegi. Di dalamnya akan disediakan paket layanan yang akan meningkatkan nilai lokasi dan membuatnya lebih nyaman.

Rencana pengembangan ini termasuk menyediakan lahan parkir umum untuk bus dan kendaraan pengunjung, renovasi toilet dan pembangunan toilet baru, serta penerangan di area Jabal Rahmah dan sekitarnya. 

Selain itu, akan dilakukan pembangunan dan renovasi tiang-tiang untuk memercikkan air yang bertujuan untuk mengurangi suhu panas, serta menyediakan keran air minum bagi jamaah.

Proyek ini juga mencakup pelestarian area hijau, area tempat duduk dan tempat berjalan kaki. Di sekitarnya akan disediakan titik penjualan restoran dan kafe, sistem pemandu, platform untuk saluran TV, menara pengawas keamanan, bahkan situs yang ditujukan untuk lembaga pemerintah yang melayani peziarah dan pengunjung. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini