Selasa 12 Apr 2022 16:30 WIB

Arab Saudi: Jamaah Haji dari Luar Negeri Sebanyak 85 Persen dari Total Kuota

Jamaah Haji dari Luar Negeri Sebanyak 85 Persen dari Total Kuota Arab Saudi

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Saudi: Jamaah Haji dari Luar Negeri Sebanyak 85 Persen dari Total Kuota. Foto:  Penambahan Kuota Haji (Ilustrasi)
Foto: Dok: Republika.co.id
Saudi: Jamaah Haji dari Luar Negeri Sebanyak 85 Persen dari Total Kuota. Foto: Penambahan Kuota Haji (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Pemerintah Arab Saudi mengumumkan jumlah jamaah haji dari luar negeri akan mendapatkan porsi 85 persen dari total kuota 1 juta yang telah diumumkan. Berdasarkan data tersebut, berarti jumlah jamaah haji asing mencapai 850.000 orang.

Jamaah haji domestik pada pelaksanaan ibadah haji ini hanya mendapatkan porsi sebesar 15 persen dari total peziarah. Hal ini disampaikan oleh saluran media lokal Al-Arabiya, mengutip dari beberapa sumber informasi.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Selasa (12/4), menurut sumber tersebut jumlah yang dialokasikan untuk jamaah haji domestik tidak akan melebihi 150.000, sedangkan jumlah peziarah dari luar Kerajaan akan mencapai 850.000 orang.

Keputusan tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada jamaah haji dari seluruh dunia untuk melakukan ibadah haji secara maksimal. Hal ini diputuskan setelah mempertimbangkan fakta jamaah haji asing tidak diizinkan melakukan ibadah selama dua tahun berturut-turut karena wabah pandemi virus corona.

Selama penyebaran virus Covid-19, otoritas terkait hanya mengizinkan sejumlah kecil jamaah haji domestik untuk melakukan haji dalam dua tahun terakhir.

Kementerian Haji dan Umrah baru-baru ini mengumumkan jumlah total satu juta jamaah haji domestik dan asing akan diizinkan untuk melakukan haji tahun ini. Jumlah ini akan disesuaikan dengan kuota yang dialokasikan untuk masing-masing negara, serta setelah mempertimbangkan rekomendasi dari otoritas kesehatan.

Di sisi lain, Kementerian juga telah mengklarifikasi pelaksanaan haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksinasi Covid-19 yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan Saudi.

Jamaah yang berasal dari luar Kerajaan juga wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sejak keberangkatan ke Kerajaan.

Terakhir, Kementerian Haji telah mengeluarkan instruksi yang menyebut semua jamaah harus mengikuti instruksi kesehatan dan mematuhi tindakan pencegahan yang diperlukan, dengan tujuan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan mereka saat melakukan ritual haji.  

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/619268/SAUDI-ARABIA/85-of-pilgrims-from-abroad-for-this-years-Hajj

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement