Kamis 28 Apr 2022 16:51 WIB

Erdogan ke Arab Saudi Demi Memperbaiki Ekonomi

Perekonomian Turki tengah terpuruk dan pemilihan umum segera digelar.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Presiden Turki Tayyip Erdogan berencana berkunjung ke Arab Saudi untuk memperbaiki hubungan.
Foto:

Ia menambahkan kondisi ekonomi membutuhkan perubahan pendekatan. Ankara menggambarkan kebijakan luar negerinya "kewirausahaan dan kemanusiaan". Menteri Luar Negeri juga menyebut tahun 2022 sebagai "tahun normalisasi" bagi Turki.

Pemerintah Turki mengatakan keputusan pengadilan Khashoggi tidak politis. Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan ketentuan "kerja sama yudisial" dengan Riyadh sempat belum terpenuhi tapi kedua belah pihak telah mengimplementasikannya. Ia tidak menjelaskan apa yang telah diubah.

Selama beberapa tahun terakhir perekonomian Turki terpuruk dan pada tahun 2021 mata uang lira mengalami krisis. Hal itu disebabkan kebijakan ekonomi tak biasa yang didukung Erdogan. Sejak itu Ankara mencari cara untuk mengangkat tekanan melalui mengubah ulah pendekatannya di panggung internasional.

Salah satunya dengan membuat kesepakatan pertukaran mata uang dengan China, Qatar, Korea Selatan dan Uni Emirat Arab dengan nilai 28 miliar dolar AS. Ankara juga sedang mengincar kesepakatan dengan Riyadh. Turki juga sedang mencari investasi dan kontrak yang mirip dengan kesepakatan dengan Abu Dhabi.

 

Pada Rabu (27/4/2022) kemarin Menteri Keuangan Nureddin Nebati mengatakan ia telah membahas kerjasama dan saling berbagi pandangn ekonomi, perdagangan dan investasi dengan rekannya di Arab Saudi.

sumber : Reuters
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement