Keunikan Tradisi Idul Fitri di Saudi

Kamis , 05 May 2022, 03:15 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi.
Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi.

 

Adapun wilayah selatan Kerajaan, Idul Fitri bukan hanya urusan sosial yang diperuntukkan bagi keluarga dekat. Di banyak lingkungan, makanan bersama disiapkan dan disajikan di atas meja yang membentang di sepanjang jalan, dihiasi dengan beberapa hidangan favorit daerah tersebut.

Terkait

Nahlah Zamim, penduduk asli Jazan, mengatakan, adat istiadat di selatan berakar kuat dalam tradisi keluarga. "Kami telah menolak perubahan waktu dan menjaga nilai dan tradisi keluarga kami tetap hidup setiap tahun karena kami memahami pentingnya mereka," ujarnya.

"Meskipun tampaknya makanan adalah hal yang paling penting, begitulah di setiap masyarakat yang terjalin erat. Memecahkan roti dengan teman, keluarga, dan tetangga membuat komunitas itu tetap dekat dan bahagia," tuturnya.

Perayaan di Jazan sering disertai dengan tarian tradisional yang dibawakan oleh pria lokal. "Perayaan lagu dan tarian selalu mendahului sarapan mereka," kata Zamim. Anak-anak setempat berlomba dari rumah ke rumah mengumpulkan permen dan uang hadiah Idul Fitri. "Ini taman bermain mereka," tambahnya.

Bagi banyak orang Saudi, liburan Idul Fitri tahun ini adalah kesempatan untuk menonjolkan tradisi lokal mereka yang unik, yang dilestarikan dengan sebaik mungkin dan diturunkan dari generasi ke generasi.