Prakiraan Cuaca: Badai Debu dan Guntur Selimuti Arab Saudi Selama Idul Fitri

Kamis , 05 May 2022, 14:07 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Cuaca esktrem terjadi di Makkah dan kota Arab Saudi lainnya.
Cuaca esktrem terjadi di Makkah dan kota Arab Saudi lainnya.

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Pusat Meteorologi Nasional memperkirakan badai debu dan badai petir di berbagai bagian Arab Saudi, termasuk ibu kota Saudi. Hal ini terjadi pekan ini, di tengah libur Idul Fitri yang sedang berlangsung.

 

Terkait

Baca Juga

Dalam sebuah laporan prakiraan cuaca, mereka menyebut badai debu diperkirakan akan terjadi di beberapa bagian Tabuk, Perbatasan Utara, Jouf, Riyadh dan Provinsi Timur. Sementara, kemungkinan badai petir tinggi terjadi di beberapa wilayah tinggi, seperti Jazan, Asir dan Baha.

Dilansir di Arab News, Kamis (5/5), pergerakan angin permukaan di Laut Merah akan mengarah tenggara ke selatan di bagian utara dengan kecepatan 15-35 kpj, sedangkan di Teluk Arab ke barat laut dengan kecepatan 20-40 kpj.

Pusat tersebut juga mengatakan wilayah tinggi Jazan, Asir, Baha dan Makkah akan menyaksikan beberapa badai petir. Tak hanya itu, angin berdebu akan aktif di beberapa bagian Tabuk, Jouf, Perbatasan Utara dan Hail pada Selasa dan Rabu.

Angin berdebu akan memperluas dampaknya ke wilayah Qassim, bagian timur Madinah, bagian utara Riyadh dan Provinsi Timur, pada Kamis. Diperkirakan wilayah pesisir Makkah dan Madinah akan menyaksikan cuaca lembab pada Senin dan Selasa.

Sebagian besar wilayah Riyadh diprediksi mengalami kondisi langit cerah dengan suhu maksimum tercatat pada 37 derajat Celcius, jauh di bawah rata-rata 40 derajat untuk sepanjang tahun ini, sedangkan suhu minimum tercatat pada 23 derajat Celcius.

Adapun kondisi kelembaban di ibu kota Saudi berada di angka 12 persen.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2075261/saudi-arabia

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini