IPHI Daerah Diminta Selenggarakan Manasik Haji Gratis

Jumat , 13 May 2022, 05:30 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
IPHI Daerah Diminta Selenggarakan Manasik Haji Gratis. Foto:    Sejumlah jamaah calon haji dan umroh mengikuti pelatihan manasik di Al Mahmudah Manasik Haji Training Centre Setu, Tangerang Selatan, Banten, Ahad (20/3/2022).
IPHI Daerah Diminta Selenggarakan Manasik Haji Gratis. Foto: Sejumlah jamaah calon haji dan umroh mengikuti pelatihan manasik di Al Mahmudah Manasik Haji Training Centre Setu, Tangerang Selatan, Banten, Ahad (20/3/2022).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) di seluruh Indonesia diminta dapat menyelenggarakan bimbingan manasik haji tanpa biaya. Hal itu disampaikan,  Ketua Umum PP IPHI Ismed Hasan Putro melalui keterangan tertulisnya kepada Republika, Kamis (12/5/2022).

 

Terkait

"Saya minta IPHI di seluruh Indonesia agar menyelenggarakan bimbingan manasik haji gratis kepada jamaah haji," kata Ismed.

Baca Juga

Menurutnya, dengan telah ditetapkannya jumlah calon jamaah haji Tahun 2022 oleh Kementerian Agama maka dipastikan bahwa Indonesia akan memenuhi kuota haji sebagaimana yang telah dialokasikan oleh Kerajaan Saudi Arabia. 

Sebagai pengurus IPHI, Ismed menyampaikan apresiasi atas kecepatan dan kecerdasan dari jajaran Kementerian Agama dalam menetapkan calon jamaah Haji dari 210 ribu orang yang ada dalam daftar tunggu. Sehingga menjadi hanya 100.051 dalam waktu yang singkat dan cepat untuk menjadi Tamu Allah pada musim Haji Tahun 2022. 

"Dengan berbasiskan pada jumlah kuota yang telah ditetapkan Kerajaan Saudi Arabia," katanya.

Seiring dengan komitmen untuk terus bersinergi dengan Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pembekalan pada para calon Jama'ah Haji Indonesia. Ismed Hasan meminta kepada 34 Pengurus Wilayah IPHI di Provinsi dan 365 Pengurus Daerah IPHI di Kabupaten Kota di seluruh Indonesia agar segera bersinergi dengan instansi terkait, khususnya Kementerian Agama di Provinsi sampai Kabupaten Kota yang ada. 

Dalam menyelenggarakan Bimbingan Manasik Haji bagi calon jamaah Haji yang telah ditetapkan keberangkatannya pada Tahun 2022. Langkah ini perlu dilakukan agar tidak ada calon jama'ah yang akan memenuhi Panggilan sebagai Tamu ALLAH SWT yang belum mendapatkan Bimbingan Manasik Haji.

Ismed juga berharap agar PW IPHI dan PD IPHI bersinergi dengan Dinas Kesehatan setempat untuk agar para calon jamaah Haji sedapat mungkin sebelum keberangkatan haji sesuai waktu dari kloter yang ada. Jamaah harus sudah dilakukan cekup kesehatan yang memadai dan sesuai protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh Kementerian Haji Kerajaan Saudi Arabia dan Kementerian Agama Indonesia. 

"Yang tidak kalah pentingnya saya meminta agar para Alumni Haji Indonesia ikut mendoakan agar seluruh proses persiapan keberangkatan para calon jama'ah Haji Indonesia dapat berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini