Gelombang Panas, Angin Kencang akan Melanda Wilayah Arab Saudi Hari Ini

Jumat , 13 May 2022, 18:22 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Gelombang Panas, Angin Kencang akan Melanda Wilayah Arab Saudi Hari Ini. Foto:  Layar suhu udara di pelataran Masjid Al Haram menunjukkan cuaca di Kota Makkah pada Jumat (12/7/2019) siang di angka 41 derajat celcius. Cuaca panas di Makkah diperkirakan akan terus berlangsung hingga musim haji tahun ini selesai.
Gelombang Panas, Angin Kencang akan Melanda Wilayah Arab Saudi Hari Ini. Foto: Layar suhu udara di pelataran Masjid Al Haram menunjukkan cuaca di Kota Makkah pada Jumat (12/7/2019) siang di angka 41 derajat celcius. Cuaca panas di Makkah diperkirakan akan terus berlangsung hingga musim haji tahun ini selesai.

IHRAM.CO.ID,RIYADH — Pusat Meteorologi Nasional (NCM) mengumumkan pada Rabu (11/5/2022) bahwa suhu hingga 49 derajat Celcius dan angin berdebu aktif akan melanda sebagian besar wilayah Arab Saudi mulai Jumat hingga Senin, 13-16 Mei. 

 

Terkait

Pusat tersebut mengatakan bahwa wilayah Makkah dan Madinah diperkirakan akan mengalami gelombang panas, dengan suhu maksimum mencapai 46-49 derajat Celcius di bagian interior, termasuk kota suci Makkah dan Madinah. 

Baca Juga

Dikatakan efek gelombang panas akan meluas ke bagian pantai Yanbu, Rabigh, Jeddah dan pantai Umluj selatan wilayah Tabuk. Gelombang panas akan disertai dengan angin berdebu aktif yang dapat menyebabkan visibilitas horizontal nol, tambah NCM.

Arab Saudi menggunakan kecerdasan buatan dalam memantau elemen cuaca yang mempengaruhi kehidupan dan properti di semua lingkungan darat, udara, dan laut Kerajaan. Teknologi AI untuk memantau cuaca mencakup sekitar 94 persen dari wilayah geografis yang dihuni di Kerajaan.

Menurut Kepala Pusat Meteorologi Nasional Saudi, Dr. Ayman Bin Salem Ghulam, teknologi AI telah meluncurkan sistem peringatan dini otomatis dan memperluas kemampuan pemantauan permukaan. “Sekarang, kami memiliki sistem radar dan teknik pemantauan fenomena cuaca yang terbaru dan terkuat di kawasan itu,” katanya.

Sumber

https://saudigazette.com.sa/article/620410/SAUDI-ARABIA/Heatwave-active-winds-to-hit-most-Saudi-regions-from-Friday

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini