46 Warga Kepri Dipastikan Berangkat Haji Plus pada 2022

Jumat , 13 May 2022, 23:56 WIB Reporter :ANTARA/ Redaktur : Fuji Pratiwi
Sejumlah jamaah calon haji dan umrah mengikuti pelatihan manasik (ilustrasi). Sebanyak 46 warga Provinsi Kepulauan Riau dijadwalkan menunaikan ibadah haji dengan kategori Haji Plus pada tahun 2022.
Sejumlah jamaah calon haji dan umrah mengikuti pelatihan manasik (ilustrasi). Sebanyak 46 warga Provinsi Kepulauan Riau dijadwalkan menunaikan ibadah haji dengan kategori Haji Plus pada tahun 2022.

IHRAM.CO.ID, BATAM -- Sebanyak 46 warga Provinsi Kepulauan Riau dijadwalkan menunaikan ibadah haji dengan kategori Haji Plus pada tahun 2022.

 

Terkait

"Ada 46 jamaah, ditambah tiga petugas yaitu seorang dokter, seorang ustadz dan tenaga operasional. Jadi total 49 yang akan berangkat dari Zulindo," kata Direktur Zulindo Khamsa Bakri melalui sambungan telepon di Batam, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga

Zulindo merupakan satu-satunya tur dan travel di Kepri yang memberangkatkan jamaah haji plus pada tahun 2022 ini. Ia mengatakan sejatinya, Zulindo mendapatkan 110 kursi haji plus. Namun, dikurangi berdasarkan aturan, dan akhirnya hanya 49 orang yang berangkat.

Meski relatif masih sedikit, namun ia mengatakan bersyukur perjalanan ibadah haji kembali dibuka untuk Indonesia. "Ya sudah senang. Karena bus saya isinya 51, saya tidak mau lebih dari 49, kurang dari 49 juga enggak mau, karena untuk menjadikan 2 bus itu tidak mungkin," kata dia.

Khamsa menegaskan, jamaah yang diberangkatkan sesuai dengan ketentuan pemerintah dan mengikuti kebijakan dari Kementerian Haji Arab Saudi. "Iya kita bagian penyelenggara, tapi tetap keputusan ada di Kementerian Haji Saudi," kata dia.

Ibarat dalam perdagangan, pemerintah adalah suplier dan perusahaan tur travel adalah distributor, lanjut dia. "Ibaratnya begitu jadi mengikuti aja ketentuan mereka," kata dia.

Mengenai biaya perjalanan haji plus, ia mengatakan sekitar 15 ribu dolar AS, atau sekitar Rp 225 juta dengan kurs 1 dolar AS Rp 15.000.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini