Asrama Haji Pondok Gede Siap Layani Jamaah Haji

Selasa , 17 May 2022, 13:04 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, usai melakukan pengecekan kamar dan fasilitas asrama haji.
Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, usai melakukan pengecekan kamar dan fasilitas asrama haji.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Asrama Haji Pondok Gede siap memberikan layanan bagi jamaah haji 1443 H/2022 M. Kepastian ini disampaikan oleh Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, usai melakukan pengecekan kamar dan fasilitas asrama haji.

 

Terkait

Pengecekan juga dilakukan oleh Staf Khusus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz dan Tenaga Ahli Menteri Agama Hasan Sagala. Ikut mendampingi, Kepala UPT Asrama Haji Pondok Gede, Syukri Ahmad Fanani.

Baca Juga

"Kami sudah melakukan pengecekan kesiapan asrama dalam menerima jamaah haji tahun 1443H/2022M. Alhamdulillah semua sudah siap," ujar Mujab dalam keterangan yang didapat Republika, Selasa (17/5/2022).

Menurutnya, pengecekan tersebut sengaja dilakukan untuk memastikan kesiapan layanan di asrama haji. Terlebih, jamaah haji dijadwalkan sudah mulai masuk pada 3 Juni 2022 atau satu hari sebelum keberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama.

"Selain pengecekan fisik bangunan dan fasilitas, kita juga melakukan pengecekan kesiapan SDM yang bertugas melayani jemaah," lanjut dia.

Nantinya, ia menyebut lima gedung di Asrama Haji Pondok Gede yang akan digunakan jamaah, yaitu gedung D1, D2, D3, D4, dan E. Namun demikian, mereka juga akan menyiapkan gedung cadangan, yaitu gedung A, B dan C.

Sebelumnya, Direktorat Layanan Haji Dalam Negeri menyampaikan 86 persen calon jamaah haji sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih). Di samping itu, data visa jamaah juga sudah diverifikasi 100 persen.

Pelunasan biaya haji ini dibuka oleh pemerintah hingga tanggal 20 Mei nanti. Setelah pelunasan selesai, selanjutnya akan dilakukan proses penerbitan visa.

"Maka selanjutnya tinggal pemvisaan, nanti kita tinggal menyatukan jadwal penerbangan dan jadwal kloter, baru nanti terkait dengan visa," kata Mujab.

Direktorat Layanan Haji Dalam Negeri juga berharap semua tahapan demi tahapan untuk menuju hari ketika calon jamaah haji masuk asrama sampai terbang ke Arab Saudi dapat berjalan lancar. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini