Masjid E Azizia Hyderabad Gelar Program Kunjungi Masjid dan Idul Fitri

Selasa , 17 May 2022, 14:00 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid di India (ilustrasi)
Masjid di India (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, HYDERABAD --  Masjid E Azizia di Hyderabad, India menggelar program Kunjungi Masjid dan Idul Fitri, Ahad (15/5/2022). Program ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, dan menghapus miskonsepsi terkait masjid.

 

Terkait

Sekelompok relawan mengajak peserta berkeliling, menjelaskan beberapa prinsip dasar Islam dan ritual. Tur dimulai dengan para sukarelawan menyoroti wudhu, pentingnya adzan, dan arah yang menghadap seseorang selama shalat.

Baca Juga

Setelah itu, ajaran dasar Islam yang ditampilkan pada spanduk fleksibel dalam bahasa Telugu dan Inggris dijelaskan. Para pengunjung kemudian diberikan formulir pertanyaan. Program ini diselenggarakan oleh Jamaah e Islami (Unit Nampally) dan Organisasi Mahasiswa Islam India (SIO)-Divisi Pusat (Hyderabad).

Presiden Divisi Pusat SIO, Syed Mukhtar Ahmed mengatakan salah satu tujuan di balik penyelenggaraan program ini adalah untuk menyebarkan pesan Islam yang sebenarnya dan menjembatani kesenjangan antara masyarakat.

“Kami ingin orang tahu apa yang terjadi di masjid dan ritual yang dilakukan, mengingat bagaimana beberapa rumor tampaknya menunjukkan bahwa kegiatan kebencian diadakan di sini. Kami ingin mengklarifikasi bahwa masjid bukan hanya tempat untuk beribadah, mereka dapat digunakan untuk pelayanan masyarakat seperti Klinik Opini Kedua yang diadakan di sini di ruang bawah tanah. Kami memiliki masyarakat kredit di mana pinjaman kecil diberikan tanpa bunga. Perpustakaan juga tersedia,” kata Ahmed di sela-sela acara seperti dilansir Iqna.ir pada (17/5/2022). 

Presiden Masjid E Azizia Aijaz Mohiuddin Wasim mengatakan di tengah iklim kebencian saat ini, mereka ingin menyampaikan pesan perdamaian dan cinta. Saat berbicara dengan para pengunjung setelah tur, dia berbicara tentang orang-orang dari komunitas Hindu yang berdiri di samping mereka selama masa-masa sulit, dan juga menyentuh pentingnya jilbab.

Manajer Pusat Informasi Islam Mohammed Imtiaz Hussain mengatakan bahwa pemahaman yang benar tentang agama dapat diperoleh melalui partisipasi dalam semua festival yang dirayakan India. Penyelenggara mengatakan bahwa lebih banyak program seperti itu akan diadakan di masa depan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini