Jumat 20 May 2022 13:25 WIB

Menag Tinjau dan Tes Layanan Jamaah Haji di Makkah

Menag meninjau kesiapan akomodasi, konsumsi dan transportasi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Choli Qoumas bersama rombongan diketahui berada di Saudi untuk mengecek kesiapan pelayanan jamaah haji. Kemarin (19/5), ia meninjau kesiapan akomodasi, konsumsi dan transportasi.

Untuk memastikan kualitas layanan, di hari itu Menag mencoba sejumlah sarana prasarana yang tersedia di hotel, termasuk juga mengemudikan salah satu bus antar kota yang akan menjadi sarana transportasi jamaah.

Baca Juga

Ada dua hotel di wilayah yang berbeda yang ditinjau Menag. Mereka adalah Hotel Al Khulafaa-3 yang berada di daerah Syisyah dengan kapasitas 800 jamaah dan Hotel Tharawat Al-Rawda di daerah Raudhah 1 dengan kapasitas 499 jamaah. 

“Saya meninjau hotel yang akan digunakan jemaah saat di Makkah. Saya pastikan kapasitas hotel memadai dan fasilitasnya sesuai standar kontrak. Saya lihat hotelnya bagus,” ujar Menag dalam keterangan yang didapat Republika, Jumat (20/5/2022).

Dalam peninjauan itu, ia juga menyebut mencoba lift hotel dan memastikan berfungsi dengan baik, meski dalam dua tahun jarang dipakai. Kamar mandi, mesin cuci dan ketersediaan air minum di setiap lantai juga dicek, termasuk fasilitas tempat shalat dan tempat makan.

Kepada pihak hotel, Menag meminta agar senantiasa menjaga kebersihan hotel,bserta memperhatikan keamanan dan kenyamanan jamaah haji. Terlebih, durasi jamaah haji tinggal pada hotel di Makkah cukup lama, sampai 25 hari.

Selain hotel, Menag meninjau layanan transportasi di Terminal Ajyad, yang melayani rute Misfalah - Jiyad. Di sana, Menag mengecek kesiapan bus antar kota dan bus shalawat. 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement