Nasihat Bagi Petugas Haji: Jangan Berbangga Diri

Jumat , 20 May 2022, 17:03 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
JAKARTA--Peserta bimbingan teknis (Bimtek) petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi diajak membaca sayyidul istighfar setelah salat subuh berjamaah. Ajakan itu disampaikan KH Nu
JAKARTA--Peserta bimbingan teknis (Bimtek) petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi diajak membaca sayyidul istighfar setelah salat subuh berjamaah. Ajakan itu disampaikan KH Nu

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi jangan berbangga diri atas capaian yang sudah dicapai. Hal itu disampaikan H Nu'man Khumaidi saat memberikan tausiyah subuh kepada peserta bimbingan teknis PPIH Arab Saudi di Masjid Al-Mabruroh, Asrama Haji Pondok Gede, Jumat (20/5/2022).

 

Terkait

"Hadirin walhadiroh rohima kumullah kita sebagai Muslim Arab Saudi jangan terlalu berbangga diri dengan apapun," katanya.

Baca Juga

Termasuk jangan berbangga diri ketika mencapai target indeks kepuasan jamaah haji. Meski demikian petugas tetap harus berusaha mencapai target.

"Target-target 95 persen di atas 90,8 persen mari kita usahakan. Tapi tidak usah sampai terlalu cape membuat kita orang berbesar diri dan berbesar hati itu adalah jebak setan, jebakan iblis," ujarnya.

KH Nu'man juga mengingatkan, jamaah peserta bimtek PPIH Arab Saudi tidak merasa bangga, bahkan sombong karena telah terpilih menjadi petugas haji. Di mana banyak yang tidak terpilih sebagai petugas haji tahun 1443H/2022M 

"Kita berkumpul di sini Alhamdulillah kita adalah orang yang terbaik di antara yang terbaik di seluruh indonesia. Jangan bilang begitu, itu salah. Itu membuat kita mudah terjerumus jebakan iblis," katanya

KH Nu'am menyampaikan, iblis terusir dari surga karena sombong berbangga diri di hadapan Allah SWT. Kesombongan iblis diabadikan dalam surah Al-Baqarah ayat 34.

"Iblis memang pandai menjerumuskan," katanya. 

KH Nu'man mengatakan, setelah iblis terusir dari surga maka dia bertekad menggoda umat manusia dengan sesuatu yang indah. Untuk itu manusia jangan masuk jebakan iblis dengan sesuatu yang indah-indah.

"Tujuannya agar manusia ersesat semuanya jadi teman iblis di neraka  Na'udzubillah himindzalik," katanya.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini