7 Golongan Manusia dalam Naungan Arsy

Sabtu , 21 May 2022, 07:18 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
(ilustrasi) manusia
(ilustrasi) manusia

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Mufti Mesir yang juga anggota Majelis Ulama Senior di Al-Azhar Kairo, Syekh Ali Jum'ah mengungkap, ada 70 sifat yang kelak akan dinaungi Allah SWT dalam naungan 'Arsy-Nya.

 

Terkait

Dalam riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Ada tujuh golongan manusia yang nanti  akan dinaungi Allah dalam naungan ‘Arsy-Nya pada hari yang tiada naungan selain naungan Allah, yaitu:

Baca Juga

Pertama, pemimpin yang adil dan jujur.

Kedua, seorang laki-laki yang diajak berselingkuh oleh seorang perempuan cantik dan berpangkat, lalu dia mengatakan 'aku takut kepada Allah rabbal 'alamin'.

Ketiga, seseorang yang hatinya tertambat di masjid-masjid.

Keempat, seseorang yang mempelajari Alquran sejak muda dan terus dibacanya sampai tua.

Kelima, seseorang yang merahasiakan sedekahnya sehingga apa yang diberikan oleh tangan kanannya tidak diketahui oleh tangan kirinya.

Keenam, seseorang yang ingat kepada Allah (berdzikir) di tengah-tengah orang banyak sambil melelehkan air matanya karena takut kepada Allah SWT.

Ketujuh, dua orang yang masing-masing bermaksud menjalin persaudaraan karena Allah, lalu berpisah juga dalam keadaan demikian." (HR Bukhari dan Muslim)

Syekh Jum'ah menekankan, ini bukan pertama kali Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya tentang sifat-sifat luhur yang akan menempatkan seorang Muslim ada dalam naungan Arsy. Bahkan Imam al-Zarqani menemukan bahwa ada lebih dari 70 sifat luhur itu. Sebagian lain menyebut ada sampai 90 sifat luhur.

"Di antara sifat-sifat luhur itu, ada tujuh yang menjadi jumlah keseluruhan dari sifat-sifat yang akan menempatkan seorang hamba di bawah naungan Arsy Yang Maha Penyayang pada Hari Kiamat," paparnya.

Sumber: https://www.elbalad.news/5285113

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini